Yogyakarta (ANTARA News) - Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,0 skala Richter yang dirasakan sebagian warga Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis pukul 08.39 WIB, bersumber dari sesar baru di dekat Panggang, Kabupaten Gunung Kidul.

"Sumber gempa dari sesar yang masih tergolong baru yang belum ada namanya di dekat Panggang, Gunung Kidul," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Tony Agus Wijaya di Yogyakarta, Kamis.

Ia menyebutkan pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer di posisi 8.02 Lintang Selatan (LS) - 110.49 Bujur Timur (BT), atau 13 kilometer arah barat daya Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sementara itu, Subarto, petugas Pusat Pengendalian Operasional, Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat, Kabupaten Bantul Subarto, mengungkapkan bahwa selain dirasakan sebagian warga Wonosari, gempa juga dirasakan warga Bantul terutama kawasan pantai selatan.

"Hingga saat ini kami belum menerima laporan mengenai adanya korban maupun kerusakan di wilayah Bantul," kata Subarto.(*)

M008/B015/AR09

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010