Tokyo (ANTARA News) - Pertemuan yang dijadwalkan pekan ini antara para menteri ekonomi Jepang, China dan Korea Selatan di Hanoi dibatalkan, seorang pejabat Kementerian Perdagangan Jepang mengatakan, Kamis.

Pertemuan yang dijadwalkan berlangsung tiga hari itu rencananya dilakukan di sela-sela pertemuan 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan pertemuan puncak (KTT) 16 negara Asia Timur, Sabtu, yang juga mencakup China.

Pembatalan tersebut menambah kekhawatiran mengenai apakah pembicaraan antara Perdana Menteri Jepang Naoto Kan dan rekannya China Wen Jiabao di Hanoi akan dilakukan ditengah-tengah perselisihan masalah teritorial antara ke dua pihak.

Pejabat Jepang itu mengatakan bahwa pertemuan tiga hari tersebut telah dibatalkan "karena kesulitan dalam penyesuaian berbagai jadwal para menteri."

Kyodo News, mengutip sumber pemerintah Jepang, melaporkan bahwa China membatalkan pembicaraan tersebut dikarenakan masih merasa dendam seputar pembatasan ekspornya pada tambang mineralnya, yang akan digunakan dalam pabrikan barang-barang teknologi tinggi.

Namun, pejabat kementerian perdagangan belum dapat memberikan konfirmasi mengenai masalah ini kepada AFP. (*)

AFP/S004

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010