Singkawang (ANTARA News) - Sekitar 100 orang mahasiswa yang terdiri dari Front Mahasiswa Nasional, PMII, Buruh dan Serikat Pekerja, IMM, dan Mapancas menggelar aksi damai untuk menyampaikan aspirasi ke Gedung DPRD, Kamis pagi.

Aksi damai yang diawali dengan konvoi menggunakan kendaraan roda dua, dimulai dari rute Jl. Merdeka, Jl. Sejahtera, Jl. SM. Tsafioddin, Jl. P. Antasari dan langsung menuju ke ke kantor DPRD.

Aspirasi disampaikan oleh ketua Front Mahasiswa Nasional (FMN) Kota Singkawang Hasan Akbar, disambut baik serta dijawab oleh Ketua DPRD, Tjhai Chiu Mie, yang didampingi oleh sejumlah angota dewan Kota Singkawang, Tasman, Sumberanto Tjitra, Sumian, H. Awang Ishak, Wandi.

Aspira yang dituliskan dikertas karton itu bertuliskan hentikan penyalahgunaan SDA, turunkan harga sembako, tingkatkan sarana prasarana pendidikan, naikkan upah buruh, buka lapangan pekerjaan bagi pemuda, berikan pelayanan kesehatan yang layak, turunkan biaya kesehatan, hentikan perampasan tanah, turunkan biaya pendidikan, hentikan pembabatan hutan, serta hapuskan perbedaan antar etnis.

Ketua DPRD, Tjhai Chiu Mie, mengatakan terkejut dengan aksi damai yang dilakukan oleh gabungan Mahasiswa tersebut. Pasalnya kata dia, tidak memberikan pemberitahuan sebelumnya. "Saya tidak tahu kalau ada kedatangan mahasiswa," katanya.

Dikatakannya, selaku ketua dewan menyambut baik atas aksi damai yang dilakukan khususnya aspirasi yang disampaikan secara tertulis demi pembangunan Kota Singkawang ini. "Sebagai perwakilan rakyat, kami selalu berusaha untuk memperjuangkan aspirasi yang disampaikan," katanya. Sekitar lebih satu jam aspirasi yang disampaikan dari gabungan Mahasiswa tersebut, berjalan lancar dan tertib. Sejumlah anggota kepolisian dari Polres Singkawang berjaga-jaga guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (ANT-169/K004)

Pewarta: NON
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010