Berlin (ANTARA News) - Dua pimpinan klasemen liga Jerman (Bundesliga) Mainz dan saingan terdekatnya Borussia Dortmund sejenak akan melupakan kekecewaan di Piala Raja, ketika Minggu mereka bertemu untuk merebutkan posisi puncak pada klasemen sementara kompetisi liga.

Mainz baru mengalami kekalahan kedua Rabu ketika dengan mengejutkan ditahan 1-2 di kandang tim devisi dua Alemannia Aachen pada putaran kedua kompetisi Piala Raja, sedangkan Dortmund kalah adu penalti 2-4 di kandang tim "tier ketiga" Kickers Offenbach.

"Kami belajar dari kekalahan di Aachen dan akan melakukan yang terbaik di Dortmund Minggu," kata pelatih Mainz Christian Heidel.

Kedua tim sama-sama mengawali penampilan mereka pada awal musim dengan mengesankan dan para pemain bintang muda mereka menunjukkan kepiawaian di lapangan.

Pasangan pemain Mains, Lewis Holtby dan Andre Shuerrle, sama-sama bermain dalam tim inti Jerman.

Sedangkan striker internasional dari Paraguay Lucas Barrios, pemain tengah asal Jepang Shinji Kagawa dan pemain dari Jerman Kevin Grosskreutz, sudah mencetak 11 gol untuk Dortmund.

Dengan keunggulan dua poin, Mainz dapat menambah jarak mereka menjadi lima poin bila berhasil mengalahkan para pemain muda Jurgen Klopp.

Pada laga Jumat, juara bertahan Bayern Munich, urutan ke-12 pada klasemen sementara, akan menjamu Freiburg, urutan ketujuh, dan berharap membuat jarak 12 poin dari Mainz setelah pelatih Louis van Gaal berusaha keras agar timnya mendapat tiga poin.

Bayern menunjukkan kebiasan mereka selalu berada dalam tekanan pada laga liga. Mereka menang baru tiga kali dari sembilan laga Bundesliga tetapi mengantongi tiga kemenangan dari tiga pertandingan Liga Champions.

"Sekarang saatnya memanfaatkan momentum untuk melejit di Bundesliga," kata ketua Karl-Heinz Rummenigge.

Para pemain, juga menyatakan pertandingan di Freiburg sebagai kesempatan bagus untuk menciptakan momentum maju bagi tim mereka.

"Kami harus memenangi beberapa pertandingan agar dapat maju dan kami mengawalinya melawan Freiburg untuk mendapatkan tiga poin," kata penjaga gawang Hans-Joerg Butt.

Van Gaal menyatakan ia ingin agar Mainz bermain imbang lawan Dortmund agar celah antara tim urutan kedua Dortmund dan Hanover di tangga ketiga tidak semakin jauh.

Pemain tengah AS Jermaine Jones kemungkinan tidak akan dapat mendukung pertandingan Schalke melawan Bayer Leverkusen Sabtu karena ia mengalami cedera kaki.

Pemain berusia 28 tahun itu mengalami cedera ketika ia membantu timnya memenangi pertandingan 1-0 di Piala Jerman melawan tim divisi dua FSV Frankfurt pada pertengahan minggu.

Hasil pemeriksaan sken menunjukkan pemain tengah itu, yang sudah memenangi dua laga internasional bersama tim AS, mengalami kerusakan pada urat kakinya.

Jones juga kelihatan tidak akan mengikuti perjalanan temannya ke Hapoel Tel Aviv Selasa untuk mengikuti laga Liga Champions.

Schalke berada di urutan ke-16 pada laga Bundesliga -- urutan kedua dari bawah -- dengan mengantongi enam poin dari sembilan laga awal mereka.

Jadwal

Jumat (1830 GMT):
Bayern Munich v Freiburg

Sabtu (1330 GMT kecuali disebutkan lain) :
Werder Bremen v Nuremberg, VfL Wolfsburg v VfB Stuttgart, Cologne v Hamburg, Kaiserslautern v Borussia Moenchengladbach, St Pauli v Eintracht Frankfurt, Schalke 04 v Bayer Leverkusen (1630GMT)

Senin :
Mainz 05 v Borussia Dortmund (1330 GMT), Hoffenheim v Hannover 96 (1530 GMT).

AFP/A008/A023

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010