Padang (ANTARA News) - Pencarian dan evakuasi para korban tsunami di Pulau Pagai, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dimaksimalkan dalam sehari ke depan, untuk menghindari cuaca buruk yang diprediksi akan terjadi akhir Oktober dan awal November 2010.

Mengingat adanya perkiraan cuaca buruk diperairan Mentawai yang disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada 30 dan 31 Oktober serta 1 dan 2 November 2010 maka pencarian dan evakuasi dimaksimalkan hari ini, kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang, Jumat.

Menurut dia, evakuasi ditingkatkan dengan bertambahnya anggota tim SAR dan relawan yang tiba di Sikakap dari Padang.

Selain memaksimalkan evakuasi, para relawan dan tim SAR juga memaksimalkan pemakaman jasad korban yang telah ditemukan, tambahnya.

Pemakaman jasad korban harus disesegerakan karena kondisi jasad yang sudah rusak dan menebar bau menyengat. Pemakaman dilakukan secara massal di sekitar tempat jasad ditemukan.

Ditargetkan Jumat semua jasad yang ditemukan telah dimakamkan, termasuk jasad yang baru ditemukan, kata Irwan.

Sementara itu, Ketua Pusat Operasi dan Pengendalian BPBD Sumbar, Ade Edwar mengkhawatirkan memprediksi hujan curah tinggi dan gelombang besar di perairan laut Mentawai akan mengganggu pelaksanaan tanggap darurat pascagempa dan tsunami di wilayah itu.

Prediksi BMKG itu menyebutkan, akan terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan gelombang laut mencapai empat hingga lima meter.

Kondisi cuaca buruk itu membahayakan bagi pelayaran ke Pulau Pagai terutama dalam rangka pelaksanaan tanggap darurat pascagempa dan tsunami, kata

Ia menyebutkan, dalam kondisi seperti itu kemungkinan pelayaran ke Mentawai bisa ditunda, begitu pula penerbangan pesawat.

Pengiriman bantuan melalui udara dengan helikopter juga akan dialihkan ke daerah lain yang lebih dekat dengan Pulau Pagai seperti Muko-Muko, Bengkulu.

Penerbangan helikopter dari Muko-Muko ke Pulau Pagai sekitar 30 menit, sedangkan dari Padang sekitar 1 jam 30 menit.

Jumlah korban akibat gempa 7,2 SR dan tsunami ini yang telah terdata hingga Jumat tercatat 413 orang dan warga dilaporkan hilang yang belum ditemukan terdata 298 orang.

Kemudian jumlah korban luka berat tercatat 207 orang dan luka ringan 142 orang.

Jumlah rumah warga yang rusak berat dan yang hilang diseret tsunami terdata sebanyak 517 unit dan yang rusak ringan 204 orang.

Korban luka-luka dirawat di RS Darurat di Puskesmas Sikakap dan Gereja GPKM Sikakap.(*)
(H014/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010