Jakarta (ANTARA News) - Penjualan mobil Daihatsu pada Oktober 2010 melonjak 61 persen menjadi 10.708 unit, dibandingkan September 6.652 unit, dipicu bergairahnya pasar otomotif pada bulan lalu.

"Hari kerja pada Oktober lebih panjang dibanding pada September yang ada libur Lebaran. Ini membuat penjualan dan produksi naik tajam," ujar Kepala Divisi Pemasaran Domestik PT Astra Daihatsu Motor (ADM), elvina Afny, di Jakarta, Selasa.

Elvina menerangkan, penjualan Daihatsu sempat anjlok pada September hingga 31 persen pada September dibanding bulan sebelumnya karena sedikitnya hari kerja pada September.

"Selain itu, pelanggan juga lebih banyak membeli mobil pada Juli dan September untuk keperluan Lebaran. Mereka lakukan ini agar mendapat mobil sebelum Lebaran," katanya.

Hingga Oktober 2010, penjualan Daihatsu mencapai 93.198 unit. Elvina menaksir penjualan akan tetap meningkat memasuki November dan Desember, seiring turunnya bonus pegawai.

Konsumen, kata dia, juga berpeluang mempercepat pembelian untuk menghindari kenaikan harga jual awal tahun depan akibat kenaikan bea balik nama (BBN) dan pemberlakuan pajak progresif.(*)

ANT/M012/AR09

Pewarta: NON
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010