Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat mengajak perusahaan dan pihak swasta dapat ambil bagian dalam penanganan pandemi COVID-19 melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).

"Saya mengajak kepada seluruh perusahaan yang memang memiliki CSR untuk ikut ambil bagian dalam penanganan COVID-19 di Jakarta, termasuk penyediaan layanan vaksinasi, sehingga 'herd immunity' (kekebalan kelompok) segera tercapai," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma usai menyerahkan bantuan 400 sembako dan vitamin kepada tenaga kesehatan non PNS dan PJLP Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Senin.

Dhany menjelaskan bahwa pemberian bantuan bagi tenaga kesehatan dan petugas pemakaman Pemkot Jakarta Pusat berasal dari program CSR salah satu bank swasta di Indonesia.

Menurut Dhany, petugas pemakaman hingga tenaga kesehatan selama pandemi terus bekerja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, namun di sisi lain, para petugas juga rentan terpapar virus ketika bekerja.

Oleh karena itu, bantuan sekecil apa pun berarti bagi mereka yang terkena dampak pandemi, maka itu sangat berarti.

"Kolaborasi antara pihak swasta dan Pemerintah Daerah amat diperlukan untuk bersama memerangi pandemi," katanya.

Mantan Kadis Dukcapil DKI Jakarta itu juga menyampaikan pandemi tidak hanya berdampak pada kesehatan, namun juga tatanan ekonomi dan sosial.

Dirinya pun mengajak seluruh perusahaan yang memiliki program CSR untuk ambil bagian, termasuk dalam penyelenggaraan vaksinasi.

"Saya juga minta kerja sama ini tidak berhenti dalam paket bantuan tapi juga mengajak J Trust Bank juga membuat layanan vaksin di Jakarta Pusat," kata Dhany.

Baca juga: Fasilitas 184 tempat isolasi baru di Jakarta hasil dari kolaborasi
Baca juga: Kisah kolaborasi tangani COVID-19 di Jakarta

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021