Jakarta (ANTARA News) - Liga Primer Indonesia (LPI) akan menggelar dua laga amal antara tim keturunan Indonesia asal Belanda melawan Persebaya pada 10 November di Stadion Gelora 10 November Surabaya dan Persema pada 12 November di Stadion Gajayana Malang.

Pertandingan pra-musim yang bertajuk "Untuk Indonesiaku" ini akan disiarkan langsung stasiun televisi Trans7, kata Ketua Penyelenggara Event Arya Abhiseka di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, pertandingan pra musim kompetisi LPI ini akan berbeda dari pertandingan pra musim kompetisi yang pernah ada di Indonesia.

"Bukan hanya karena kami mengundang tim keturunan Indonesia asal Belanda, tetapi juga karena laga ini akan menjadi laga amal untuk mengumpulkan dana bagi korban bencana alam yang belakangan terjadi di Indonesia," kata Arya yang juga General Manajer Bidang Liga LPI.

Menurut dia, sepak bola bukan hanya pertandingan di lapangan, namun sepak bola juga memiliki kekuatan untuk menyatukan semangat bersama untuk membantu korban bencana.

"Hasil penjualan tiket baik yang secara online dan pembelian langsung laga amal ini akan kami sumbangkan 100 persen untuk korban tsunami di Pulau Mentawai dan korban letusan Gunung Merapi," kata Arya.

Menurut dia, laga amal ini akan menjadi kesempatan baik bagi klub untuk mempersiapkan diri jelang kompetisi LPI.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Persebaya, Paulus Helly Soeyanto, menyatakan, animo untuk sepak bola cukup tinggi di Surabaya. "Persebaya siap menyelenggarakannya," katanya.

Sementara panpel Persema Wisudo mengakui, animo penonton tidak sebesar animo di Persebaya namun dengan laga amal ini animo penonton akan menjadi lebih besar.

Tim keturunan Indonesia asal Belanda akan berkekuatan 18 pemain muda. Mereka akan tiba dalam dua gelombang mulai Senin (8/11) dan Selasa (9/11). Tim ini direncanakan akan bertemu Menpora.
(T009/B010)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010