Guangzhou (ANTARA News/AFP) - Korea Utara (Korut) mengirim kontingen dengan jumlah atlet terbanyak dalam sepanjang sejarah ke Asian Games 2010 Guangzhou, yaitu 199 atlet, demikian menurut panitia, Kamis.

Korea Utara yang dikenal tertutup dengan dunia luar tersebut akan bersaing di 20 dari total 42 cabang olahraga yang dipertandingkan, termasuk sepakbola, bolabasket, senam, angkat besi, panahan, judo.

Jumlah atlet yang dikirim Korut ke Asian Guangzhou lebih banyak dari rekor sebelumnya, yaitu 195 atlet di Asian Games Bangkok 1998.

Korut yang di dunia internasional lebih dikenal gara-gara program nuklir mereka, mengalami penampilan terburuk di Asian Games 2006 Doha karena hanya membawa pulang enam emas.

Akibatnya, peringkat negara komunis tersebut turun drastis ke posisi ke-16 setelah sebelumnya selalu berada di sepuluh besar, yaitu sejak mereka berpartisipasi untuk pertama kali di Asian Games 1974 di Tehran.

Dalam percaturan olahraga internasional, Korut selalu diselubungi misteri dan negara saingan sulit mendeteksi kekuatan mereka karena jarang mengikuti berbagai turnamen internasional.

Pada Asian Games 2010, Korut dipastikan mengirim beberapa atlet terbaik mereka, termasuk Kim Un_Guk yang meraih emas kejuaraan dunia angkat besi kelas 63kg beberapa waktu lalu.

Sementara di cabang sepakbola, Korut juga akan menampilkan sembilan pemain yang tampil di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap, Korut akan mengirim atlet menembak kontroversial Kim Jong-Su, yang sebelumnya menjalani hukuman skorsing selama dua tahun karena terbukti doping.

Akibat kasus tersebut, medali perak yang diraih di nomor 50m pistol serta perunggu di nomor 10m pistol di Olimpiade Beijing 2008, dicabut.

Asian Games 2010, yang disebut-sebut sebagai pesta olahraga terbesar dunia setelah Olimpide, akan digelar 12-27 November mendatang dan diikuti 12.000 atlet dari 45 negara yang akan bersaing di 42 cabang olahraga. (A032/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010