Palembang (ANTARA News) - Persatuan Wartawan Indonesia pada 2010 akan menyeleksi karya jurnalistik terbaik untuk dianugerahi penghargaan "Anugerah Jurnalistik Adinegoro".

Penghargaan tertinggi bidang kewartawanan tersebut akan diberikan PWI pusat, sebagai apresiasi yang tinggi terhadap karya jurnalistik di Indonesia sepanjang 2010, kata Ketua PWI Cabang Sumsel, Ocktap Riady, di Palembang, Kamis.

Dikatakannya, pengumumam pemenang dan penghargaan akan diserahkan pada puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2011 di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Menurut dia, Anugerah Adinegoro tersebut akan diberikan kepada karya jurnalistik baik tulis, foto, tajuk rencana/opini, jurnalistik radio dan karya jurnalistik televisi.

Selain itu, juga akan disediakan penghargaan khusus jurnalistik inovasi masing-masing untuk kategori karya jurnalistik infotainment dan jurnalisme berinternet (cyber journalism).

Selain penghargaan tersebut, juga akan diberikan dalam bentuk trophy dan hadiah uang nilai total Rp320 juta, katanya.

Sehubungan dengan itu, sesuai surat pengurus PWI pusat tertanggal 18 Oktober 2010, perihal pengumuman tentang Anugerah Jurnalistik Adinegoro, panitia pelaksana mengundang seluruh wartawan Indonesia yang masih aktif menjalankan tugas jurnalistiknya untuk berpartisipasi dalam karya tersebut.

Ia mengatakan, syarat peserta antara lain mengirimkan karya-karya unggulan sesuai kreteria, serta pihak panitia juga aktif memilih karya jurnalistik yang memenuhi kriteria untuk disertakan dalam seleksi awal hingga tahap penilaian dewan juri.

Karya-karya jurnalistik tersebut dikirim atau diantar langsung ke "Panitia Anugerah Jurnalistik Adinegoro" lantai 4 gedung dewan pres, jalan Kebon Sirih No.34 Jakarta Pusat dengan batas pengiriman stempel pos 3 Januari 2011 atau dikirim lewat email, katanya lagi. (M033/K004)

Pewarta: NON
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010