Saumlaki (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono Jumat pagi bertolak ke Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku untuk melakukan kunjungan kerja dua harinya di wilayah itu.

Wapres Boediono setibanya di Saumlaki, Maluku Tenggara Barat, akan menjalani pengukuhan adat oleh masyarakat setempat dengan gelar adat Suku Talimba.

Setelah dikukuhkan sebagai warga kehormatan Suku Talimba, Wapres Boediono didampingi Gubernur Maluku Robert Albert Ralahalu dan Bupati Bitzael Silvester Temmar akan menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat setempat terkait pemberdayaan sektor perikanan dan kelautan di daerah itu.

Sejumlah bantuan yang akan diberikan itu antara lain satu paket pengembangan perikanan budidaya, tujuh paket peningkatan produksi budi daya laut untuk tujuh kabupaten dan tiga buah mesin perahu kinting.

Tak hanya itu, ada pula bantuan pembangunan pusat pelelangan ikan (PPI) dan buku serta 700 eksemplar majalah kepada Bupati Maluku Tenggara Barat.

Pada Jumat malam, Wapres Boediono akan berdialog dengan forum koordinasi pimpinan daerah dan tokoh masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Di hari kedua kunjungan kerjanya, Wapres Boediono akan melakukan peninjauan ke sekolah menengah atas unggulan, dan RSUD setempat.

Wapres juga dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan KSM PNPM Mandiri dan penerima KUR Provinsi Maluku.

Sebelum tiba di Ambon, Maluku, Wapres dan rombongan sebelumnya singgah di Makassar.Di Ambon, Wapres dan rombongan akan melakukan salat Jumat.
(R018/A011)

Pewarta: NON
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010