Cianjur (ANTARA News) - Abu berwarna putih dari Gunung Merapi di Yogyakarta, semburannya sampai ke Kabupaten Cianjur, Jabar, Jumat, sehingga masyarakat sekitar terkejut melihat abu yang menempel di daun dan keramik di rumah-rumah.

Pantauan ANTARA, abu berwarna putih yang turun bersama hujan sejak sore hingga malam, terlihat jelas di teras rumah warga dan di bagian luar kendaraan yang terparkir di beberapa pelataran parkir di Cianjur kota.

Bahkan abu berwarna putih tersebut mengeluarkan bau layaknya bau belerang. Warga yang mengetahui hal tersebut, sempat terkejut karena tanaman, teras dan kendaraan yang terparkir diluar rumah menjadi putih.

"Saya sempat kaget kenapa semua tanaman yang ada di halaman daunnya menjadi putih seperti kena cat putih. Begitupula dengan mobil yang saya parkir di luar garasi, sebagian besar tertutup abu berwarna putih," kata Ulum (36) warga Cianjur kota.

Hal yang sama diakui warga di Cianjur Selatan. Dimana abu berwarna putih seperti belerang, menutupi sebagian besar pohon yang ada di wilayah tersebut. Warga sempat geger karena sebagian besar wilayah di Cianjur selatan mengalami hal yang sama.

"Kami pikir hanya di selatan saja, ketika kami menghubungi keluarga di Cianjur dan Bogor, juga mengalami hal yang sama. Mungkin ini berasal dari abu Gunung Merapi yang meletus di Jawa Tengah," kata Unang (38) warga Cibeber.

Abu berwarna putih tersebut, kata dia, terlihat sore menjelang malam, dimana ketika itu, hujan turun cukup deras dan pepohonan serta halaman rumah warga terlihat memutih, seperti tersiram cat.

(KR-FKR/R010/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010