Ambon (ANTARA News) - Nama Wakil Presiden diabadikan untuk ruas jalan Desa Sifnana - Bandara di Saumlaki, ibu kota kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

Bupati MTB, Bitto Temmar ketika dikonfirmasi, Sabtu, membenarkan, pemberian nama ruas jalan tersebut karena kebanggaan pemerintah - DPRD dan masyarakat setempat dikunjungi Wapres Boediono yang didampingi Ibu Herawati.

"Terus terang merupakan kebanggaan khusus kepada MTB karena merupakan daerah kabupaten pertama di Maluku yang dikunjungi Wapres Boediono dan sejumlah anggota Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II sehingga pantas kehormatan diberikan kepadanya dengan mengabadikan namanya di ruas jalan kota Saumlaki," ujarnya.

Dalam sejarah pemerintahan setelah Indonesia merdeka selama 65 tahun baru tercatat Boediono sebagai Wapres berkunjung ke MTB.

Wapres Boediono juga dianugrahi gelar "Melratan Kentnebar" (Orang yang dituakan/ bangsawan menurut adat Tanimbar - MTB) saat tiba di Saumlaki pada Jumat sore.

Wapres pada hari pertama kunjungan ke Saumlaki juga meresmikan kantor Bupati MTB, RSUD dr.P.P. Margereti dan perpusatakaan daerah setempat serta bertatap muka dengan tokoh masyarakat, pimpinan agama, jajaran Pemkab MTB maupun Pemprov Maluku.

Wapres dijadwalkan menyerahkan bantuan dana bergulir Rp4,2 miliar, dana sosial dan rumput laut kepada masyarakat pesisir.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010