Kairo (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Afghanistan Zalmay Rasoul, Minggu, menegaskan pemimpin Al-Qaida Osama bin Laden tak bersembunyi di dalam negerinya dan membantah bahwa ia mengetahui keberadaan orang paling dicari oleh Amerika Serikat itu.

"Mengenai Osama bin Laden, saya dapat mengatakan ia tak berada di Afghanistan sebab seandainya ia berada di Afghanistan, ia tentu telah ditemukan,"kata Rasoul kepada wartawan setelah pembicaraan dengan timpalannya dari Mesir Ahmed Aboul Gheit di Kairo, Minggu, sebagaimana dikutip dari Xinhua-OANA.

"Di mana ia berada, saya tidak tahu, tapi ia tak berada di Afghanistan dan saya dapat menjamin anda mengenai itu," kata diplomat Afghanistan tersebut.

Ia menegaskan perlunya kerja sama regional dalam memerangi aksi teros dan ekstrem.

Rasoul mengatakan negerinya terlibat dalam pembahasan erat dan mendalam dengan Pakistan guna mencapai penyelesaian yang aktif untuk memerangi aksi teror sebab Pakistan, menurut pendapatnya, juga menjadi sasaran operasi teror.

Rasoul dan Abul Gheit membahas situasi terakhir di Afghanistan serta cara untuk mendorong hubungan bilateral Mesir-Afghanistan. Rasoul juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Mesir Hosni Mubarak, Senin.
(ANT/A024)

Pewarta: NON
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010