Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya memberikan pengamanan khusus terhadap jalur yang menuju Istana Presiden saat kunjungan kenegaraan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

"Kita lakukan pengamanan khusus jalur menuju Istana Presiden, titik yang masih tentatif," kata Kepala Polda (Kapolda) Metro Jaya,Inspektur Jenderal Polisi Sutarman di Jakarta, Senin.

Sutarman belum bisa menyebutkan lokasi yang akan mendapatkan pengamanan saat kunjungan Obama karena masih dalam pembahasan pihak pemerintah AS.

Namun demikian, Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) akan melakukan pengamanan ketat pada jalur dan lokasi yang dikunjungi Presiden Obama.

Sutarman mengatakan, pihaknya mengerahkan 7.883 personel dengan radius steril berjarak 100 meter.

Sementara itu, Panglima Daerah Militer (Pangdam) Jaya, Mayor Jenderal TNI Marciano Norman menuturkan, pihaknya mengerahkan kekuatan secara optimal untuk mengamankan kunjungan Obama dengan jumlah anggota sekitar 5.000 personel.

Selain itu, Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya juga akan menurunkan kendaraan berat untuk proses evakuasi sesuai prosedur ketetapan (protap).

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri RI mengkonfirmasi kunjungan kenegaraan Obama ke Indonesia, 9-10 November 2010.

Kedatangan Obama bertepatan dengan Hari Pahlawan yang jatuh pada Rabu (10/11).

Rencananya, sejumlah kelompok masyarakat akan menyampaikan pendapatnya di muka umum guna berunjuk rasa bertepatan dengan kedatangan Obama dan peringatan Hari Pahlawan itu.

Polda Metro Jaya mencatat ada sejumlah elemen masyarakat yang akan berunjuk rasa di sekitar Istana Presiden, Gedung DPR/MPR RI dan Bundaran Hotel Indonesia.
(T014/Z002)

Pewarta: NON
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010