Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie mengatakan, dirinya akan menyumbangkan gaji satu bulan untuk para pengungsi korban letusan Gunung Merapi.

"Saya akan mengajak anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) untuk memiliki sikap sensitif tinggi dengan memberikan sumbangan kepada korban bencana alam," kata Marzuki Alie di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin.

Menurut Marzuki, anggota BURT dan yang lainnya terserah akan menyumbang berapa, apakah setengah gaji atau seperempat gaji.

Imbauan tersebut, kata dia, hanya sekadar untuk menggugah kesadaran karena sumbangan tersebut sifatnya sedekah.

"BURT DPR saat ini membuka posko DPR di beberapa lokasi bencana," kata Marzuki Alie yang juga Ketua BURT DPR.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso mengatakan, anggota Fraksi Partai Golkar di DPR RI dan DPRD dari daerah pemilihan Yogyakarta dan Jawa Tengah, akan memberikan bantuan kepada pengungsi korban letusan Gunung Merapi dengan cara menyisihkan sebagian dari uang gaji.

Menurut dia, seluruh anggota Fraksi Partai Golkar baik di DPR RI, maupun DPRD DI Yogyakarta maupun DPRD Jawa Tengah, akan mengumpulkan sumbangan dengan cara memotong uang gaji.

"Sumbangan tersebut sudah diserahkan kepada pengungsi korban letusan Gunung Merapi di Boyolali," katanya.

Selain memberikan sumbangan, menurut dia, anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI yang berada di Komisi VIII juga masuk dalam tim pengawasan penanggulangan korban letusan Gunung Merapi dengan meninjau langsung ke lokasi pengungsian.
(R024/Z002)

Pewarta: NON
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010