Timika (ANTARA) - Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya menyebut kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, cukup kondusif menjelang peringatan ulang tahun ke-76 Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2021 mendatang.

"Secara keseluruhan sampai sekarang aman dan terkendali. Semua wilayah kini fokus mempersiapkan diri menyambut HUT RI," kata Letkol Yoga di Timika, Jumat.

Meski persiapan menyambut HUT RI tahun ini tidak seramai tahun-tahun sebelumnya lantaran Mimika masih menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV untuk menurunkan penularan kasus COVID-19, namun di berbagai wilayah di Mimika masih tetap digelar lomba menghias gapura dan lainnya.

Baca juga: Polisi periksa Kadistrik Mimika Barat soal pemotongan BST
Baca juga: Freeport rampungkan pemeliharaan arena PON XX Papua
Baca juga: TNI di Mimika beri sembako pada tokoh agama


Di samping itu, kata Dandim, di beberapa tempat juga tengah digelar penyaluran bantuan sosial untuk warga masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 seperti penyaluran BST, BLT Dana Desa, PKH, BPNT, bantuan beras PPKM dan lainnya.

Dandim Mimika menegaskan meskipun situasi keamanan di wilayah Mimika terpantau kondusif namun aparat TNI dan Polri tetap selalu bersiaga mewaspadai potensi terjadinya gangguan keamanan menjelang 17 Agustus tahun ini.

"Pasukan tetap waspada mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Kami meyakinkan semua masyarakat yang ada di beberapa titik untuk siap menyongsong HUT ke-76 Kemerdekaan RI tanpa adanya gangguan keamanan dari pihak manapun," ujar Letkol Yoga.

Sementara itu, di Kabupaten Mimika terdapat perusahaan tambang PT Freeport Indonesia yang selama ini menjadi salah satu daerah yang cukup rawan dari aspek keamanan, lantaran sering menjadi sasaran aksi kekerasan kelompok bersenjata Papua.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021