London (ANTARA News) - Buckhingham Palace hari ini (Senin, 8/11) akan meluncurkan halaman Facebook bernama "The British Monarchy".

Telegraph menulis, halaman itu akan menampilkan berita terbaru kerajaan Inggris, foto-foto, video-video dan pidato-pidato dari anggota kerajaan. Juga beberapa berita terbaru harian mengenai kegiatan Ratu Elizabeth II dan anggota kerajaan lain.

Facebook juga menciptakan aplikasi baru khusus untuk halaman resmi Ratu.

Aplikasi "Near Me" akan memungkinkan para pengguna untuk mencari tahu acara dan kunjungan kerajaan di wilayah mereka, bisa dicari pada peta negara.

Para pengguna tidak bisa melakukan "poke" pada Ratu atau mengirim permintaan pertemanan, mereka bisa menggunakan aplikasi "likes," diwakili dengan tanda "jempol," untuk mendaftarkan mereka sebagai penggemar Ratu.

Para pengguna yang menyukai halaman akan memperoleh berita terbaru mengenai keluarga kerajaan melalaui "news feed" mereka.

Publik juga akan bisa memasang komentar pada halaman dan mengirim pesan-pesan kepada keluarga kerajaan dengan menulis pada "wall" Facebook Ratu.

Catatan hari sebelumnya perjanjian kerajaan dihasilkan oleh rumah tangga kerajaan, juga akan tersedia pada Facebook untuk pertama kalinya.

Ratu mengatakan secara pribadi menyetujui rencana untuk halaman Facebook barunya, yang akan diluncurkan Senin pukul 8 waktu setempat.

"Facebook kemungkinan menjadi benteng pertahanan terakhir dari media sosial yang belum dimasuki rumah tangga kerajaan, dan Ratu sangat berminat untuk secara penuh menjadi bagian dari abad 21," kata seorang pembantu kerajaan.

"Semua rencana untuk halaman Facebook sudah dikirim ke atas, dan Ratu mengambil alih kepemimpinan dalam hal ini."

"Kami senang menyambut kerajaan Inggris ke Facebook. Orang-orang sekarang memiliki koneksi langsung dengan keluarga kerajaan melalui halaman mereka untuk melihat sekilas ke dalam kehidupan istana," kata seorang juru bicara Facebook.

Peluncuran halaman Facebook merupakan gerakan terakhir dari kerejaan untuk merangkul teknologi modern.

Awal tahun ini, Ratu meluncurkan akun Flickr. Lebih dari 600 foto keluarga kerajaan saat bekerja dan bermain tersedia bagi publik untuk pertama kalinya.

Akun Twitter keluarga kerajaan diluncurkan tahun 2009 dan Royal Channel ditayangkan di Youtube tahun 2007.

Ratu juga menyebarkan pesan Natal pertamanya tahun 2006, dan meluncurkan situs untuk dirinya dan angota keluarga kerajaan lain tahun 1997.

Pada usia 84 tahun, Ratu didorong oleh cucu-cucunya, dikatakan "sangat antusias" mengenai tetap "up to date" dengan teknologi. Dia menggunakan telepon seluler, memiliki alamat e-mail pribadi dan "berselancar" di dunia maya.

Dia secara terus menerus bergerak dengan waktu. Pada tahun 1953, Ratu menandai penobatan dirinya dengan mengijinkan kamera televisi masuk ke Westminster Abbey untuk pertama kalinya untuk acara kenegaraan.

(ENY/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010