Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengapresiasi Ikatan Alumni Lintas Angkatan SMA Negeri 26 Jakarta yang menggelar vaksinasi massal pada Sabtu.

“Saya mengapresiasi para alumni SMA 26 Jakarta yang ikut peduli dalam percepatan herd immunity. Semoga kegiatan ini bisa dicontoh alumni-alumni lainnya,” kata Anies saat meninjau vaksinasi di SMA N 26 Jakarta Selatan, Sabtu.

Baca juga: Persentase kasus positif COVID-19 di DKI turun jadi 8,1 persen

Anies menilai langkah dari alumni SMA 26 Jakarta tersebut merupakan bentuk bantuan terhadap pemerintah dalam mempercepat "herd immunity" (kekebalan komunal) sekaligus kepedulian dalam mengakhiri pandemi di tengah masyarakat.

Vaksinasi massal itu, kata Anies, secara langsung meningkatkan jumlah distribusi vaksin bagi warga di Ibu Kota.

Lebih lanjut dia mengatakan saat ini distribusi vaksinasi COVID-19 telah mencapai 260.000 per hari.

Karena itu, dia optimistis dalam sepuluh hari ke depan target vaksinasi yang dicanangkan dapat mencapai 2 juta orang dapat tercapai.

Baca juga: Dua artis ajak warga ikut "Vaksinasi Merdeka" di Kembangan

Kendati capaian vaksinasi dosis satu di Ibu Kota telah menyentuh angka 90 persen, dia mengimbau masyarakat untuk tetap mengindahkan protokol kesehatan secara ketat, karena vaksinasi merupakan sebagai perlindungan tambahan bagi tubuh.

“Jadi kita kerjakan bertahap sampai tuntas dan saya terus menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bekali diri kita dengan perlindungan tambahan,” katanya.

Dia menambahkan bahwa vaksinasi COVID-19 di DKI bergerak dinamis yang dikerjakan secara kolektif oleh semua elemen masyarakat. Karenanya diharapkan masifnya gerakan vaksinasi tersebut dapat mencapai target kekebalan komunal di ibukota.

Baca juga: 81 persen siswa di Jakarta Barat sudah vaksin

Dalam kesempatan yang sama, pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji menyampaikan kegiatan vaksinasi COVID-19 tersebut dibuka mulai Sabtu-Minggu besok di empat sentra vaksinasi sekaligus, yakni SMA Negeri 26 Jakarta serta Kelurahan Kebon Baru, Menteng Dalam dan Bukit Duri.

Isnawa Adji pun optimis target vaksinasi yang ditetapkan sebanyak 4.000 orang warga di empat sentra vaksinasi tersebut dapat tercapai.

“Alhamdulillah kegiatan vaksinasi COVID-19 yang dibuka untuk umum ini mendapat respon yang positif dari masyarakat, kita berharap pelaksanaan vaksin berjalan lancar dan target 4.000 orang dalam vaksinasi di empat lokasi selama dua hari ini tercapai,” kata dia.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021