Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan mengharapkan atlet Jawa Barat yang berlaga di ajang Asian Games XVI/ 2010 di Guangzhou China 12-26 November 2010 mampu mempertahankan tradisi medali emas.

"Dalam beberapa pelaksanaan Asian Games atlet Jabar selalu mendulang emas, Supriati Sutono pada Asian Games 2002 dan Taufik Hidayat pada Asian Games 2002 serta 2006," kata Gubernur Heryawan di Bandung, Rabu.

Selain itu, dia mengharapkan para atlet Jabar di ajang Asian Games yang berjumlah 36 orang mencetak prestasi terbaik.

"Semua atlet harus memiliki spirit juara dan mempertahankan tradisi emas, itu harus menjadi tekad semua atlet demi membawa harum nama Indonesia," kata Heryawan.

Menurut Gubernur, para atlet Asian Games 2010 merupakan atlet terbaik Jabar yang akan menjadi tulang punggung provinsi itu pada PON XVIII/ 2012 di Provinsi Riau.

Meski demikian, belum disebutkan berapa insentif prestasi alias "kadeudeuh" yang akan diberikan kepada atlet berprestasi asal Jabar di ajang Asian Games 2010 itu.

Sementara itu Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Jawa Barat, Ucup Yusuf menyebutkan atlet Jabar yang berpeluang meraih medali di Asian Games antara lain di cabang olahraga bulutangkis, dayung, catur dan atletik.

"Dalam beberapa penyelenggaraan Asian Games atlet Jabar selalu meraih medali emas serta perak dan perunggu. Tahun inipun terbuka lebar," kata Ucup Yusuf.(*)
(U.S033/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010