Seoul (ANTARA News) - Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak mengatakan telah dicapai "kemajuan besar" pada pertemuan para perunding hingga Kamis malam, namun Lee tidak memberikan secara rinci berbagai masalah spesifik.

"Pertemuan semalam banyak kemajuan dan saya berterima kasih kepada para pemimpin untuk kemajuan besar yang dicapai," kata Lee, Jumat, pada pembukaan sesi pertama KTT yang sedang berlangsung antara para pemimpin dari Kelompok 20 (G20) negara maju dan ekonomi sedang tumbuh.

Para pemimpin Kelompok 20 kemungkinan mencapai berbagai perjanjian singkat mengenai pemecahan perselisihan perdagangan dan mata uang pada pertemuan puncak (KTT) hari Jumat, kata seorang juru bicara untuk pertemuan tersebut.

"Saya pikir prospek lebih terang," kata juru bicara Kim Yoon-Kyung dalam konferensi pers, ketika ditanya seputar harapan dari kemajuan yang dicapai mengenai berbagai kesepakatan yang dicapai oleh para menteri keuangan bulan lalu.

Para pemimpin G20 Kamis memulai KTT yang didominasi oleh berbagai argumen seputar kebijakan mata uang dan perdagangan. Mereka di mana mengadakan pembicaraan KTT hari kedua pada Jumat.

Para wakil menteri keuangan dan para pejabat senior mengadakan serangkaian perundingan beberapa jam sebelumnya pada Jumat perihal pernyataan KTT.
(S004/A038)

Pewarta: NON
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010