Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Mayor Jenderal TNI Purn. Saiful Sulun mengajak setiap elemen bangsa untuk merenung dan mengingat kembali perjuangan para pendiri bangsa dalam peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia.

"Renungkan betul perjuangan rela berkorban para veteran dan pendiri bangsa demi mencapai kemerdekaan," kata Mayjen TNI Purn Saiful Sulun di Jakarta, Selasa.

Hal itu, lanjut dia, dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus saat ini dalam membangun negeri, baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

Baca juga: LVRI ajak pemuda dan masyarakat bersatu padu hadapi pandemi COVID-19

Saiful Sulun menyebutkan tiga nilai yang mampu membuat para pejuang berhasil merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta dapat menjadi warisan luhur bagi bangsa Indonesia, yakni rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kekuatan persatuan.

"Tugas veteran sekarang untuk mewariskan nilai luhur ini kepada generasi penerus," ujarnya.

Dia menyatakan bahwa Pancasila merupakan pemersatu dalam menghadapi musuh utama bangsa saat ini, yaitu perpecahan.

Baca juga: LVRI: Posisi veteran ke depannya dari pejuang ke pembela kemerdekaan

Esensi persatuan, lanjut dia, juga perlu ditanamkan oleh masyarakat dalam membantu pemerintah menangani pandemi COVID-19. Dia juga mengatakan bahwa LVRI mengajak masyarakat bersatu untuk melawan pandemi yang sudah merenggut nyawa banyak anak bangsa hingga saat ini.

Mantan Kasospol ABRI itu turut menyatakan rasa syukurnya bahwa bangsa Indonesia telah sampai di usia yang ke-76 dan bisa melalui berbagai halangan, rintangan, dan gangguan yang tidak pernah berhenti. Dia berharap, Indonesia dapat menjadi bangsa yang maju dan terus bersatu.

"Semoga di masa depan Indonesia lebih maju lagi dan mendapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa," kata Saiful.

Baca juga: Kemendikbud-LVRI kerja sama pendidikan karakter

Pewarta: Muhammad Jasuma Fadholi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021