Jakarta (ANTARA) - Perayaan Hari Kemerdekaan diperingati di seluruh dunia untuk merayakan kemenangan politik dalam mengamankan tanah air yang bebas dari penaklukan asing. Berbagai negara di seluruh dunia mencapai kemerdekaan mereka dengan cara mereka sendiri yang unik, sehingga perayaan mereka juga sama uniknya.

Di Indonesia, kita merayakan Hari Kemerdekaan dengan upacara bendera dan lomba-lomba yang seru. Namun, bagaimana negara lain merayakan Hari Kemerdekaannya? Berikut ini perayaan kemerdekaan di negara-negara lain, dikutip dari siaran resmi Greenfield.

Baca juga: Ragam permainan tradisional khas 17 Agustus yang paling dirindukan

Prancis
Hari Kemerdekaan Perancis dirayakan setiap 14 Juli, untuk memperingati penyerbuan penjara Bastille yang mengawali Revolusi Prancis. Selama Hari Bastille, Presiden Prancis dapat memberikan pengampunan pada tahanan, selain itu para pemadam kebakaran juga turut merayakan dengan berpesta dansa.

Warga Perancis juga melakukan berbagai kegiatan lainnya termasuk parade militer, dan festival kembang api di berbagai penjuru kota, salah satunya di Menara Ei­el, Paris.

Meksiko
16 September memperingati proklamasi kemerdekaan pertama pada tahun 1810 oleh Meksiko dari Spanyol. Perayaan dimulai pukul 11 malam. Pada 15 September ketika presiden membunyikan lonceng kebebasan bersejarah kemudian berteriak "Mexicanos, Viva Mexico."

Penonton juga menyanyikannya, lalu menyanyikan lagu kebangsaan. Kegiatan yang dilakukan pada siang hari juga termasuk rodeo, adu banteng, parade, dan tarian tradisional Meksiko.

India
India merayakan Hari Kemerdekaan mereka pada tanggal 15 Agustus. Perdana Menteri menyampaikan pidato di Benteng Merah di ibu kota New Delhi, sementara tiap rumah, sekolah, dan gedung pemerintah semuanya mengibarkan bendera nasional.

Ada juga tradisi menerbangkan layang-layang yang populer di seluruh negeri, dan orang mencoba membuat layang-layang satu sama lain jatuh.

Baca juga: Review - Merayakan 17 Agustus virtual di Rumah Digital Indonesia

Baca juga: Armand Maulana kenang momen perayaan HUT RI di Bandung

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021