Liwa, Lampung (ANTARA News) - Lampung Barat memiliki 6000 rumah tidak layak huni, rumah tersebut mayoritas berada di daerah pedalaman.

"Data yang kami lakukan terdapat 6000 rumah masyarakat tidak layak huni, rata rata rumah masyarakat tersebut berada di daerah pedalaman," kata Kepala Bidang Sosial, Dinas Kependudukan Catatan Sipil Sosial Tenaga kerja dan Transmigrasi, Lampung Barat Chairil Azhar, di Liwa, Selasa.

Dia menjelaskan, faktor kemiskinan menjadi alasan utama, masyarakat tidak memiliki rumah layak huni.

Dia menuturkan, Pemkab Lampung Barat segera mengusulkan program bantuan bedah rumah pada Pemerintah Provinsi Lampung.

"Dari rumah yang telah di data tersebut, kami memilih sekitar 150 rumah saja, yang nanti di usulkan dalam program bedah rumah, sedangkan lainnya bertahap," kata dia.

Menurut dia, pemerintah dapat membantu Lampung Barat dalam program peningkatan ekonomi kerakyatan.

"Dari program bantuan yang disalurkan pemerintah pusat, dapat merata di seluruh wilayah Lampung Barat, yang tentunya mengarah pada peningkatan sumberdaya manusia, optimis taraf hidup masyarakat Lampung Barat dapat semakin baik, setiap tahunya" kata dia.

Kemudian lanjut dia, pemkab Lampung Barat terus melakukan upaya peningkatan sumber daya manusia, melalui sumber daya alam yang ada.

"Beberapa sektor unggulan dapat di kembangkan masyarkat, akan tetapi semua itu tidak terlepas dari peran serta semua pihak, setidaknya dapat memberikan pendampingan pada masyarkat, sehingga masyarakat mampu mengembangkan sumberdaya yang ada untuk meningkatkan taraf hidup mereka," kata dia lagi.

Lampung Barat menjadi daerah yang terisolir di Provinsi Lampung.

Sebagian besar masyarakat berada didaerah pedalaman, menjadi pemicu lambatnya pertumbuhan ekonomi mereka, yang ditunjukan dengan tingkat ekonomi yang mengalami kemunduran.

Selain letak wilayah, minimnya informasi membuat mereka kesulitan dalam mengembangkan sumberdaya yang ada.

Data menunjukan ada sekitar 6000 unit rumah milik masyarakat tidak layak huni, sehingga di butuhkan tindakan dari pemerintah daerah dan pusat, untuk mengatasi masalah ini.

Masalah sosial ini dapat di atasi dengan baik, bila pemerintah konsen menerapkan pembinaan kepada masyarakat, dalam upaya peningkatan taraf hidup melalui pengembangan sektor riil, yang di ketahui Lampung Barat terdapat dua sektor unggulan yakni pertanian dan perkebunan.

Dalam pembenahan tempat tinggal masyarakat yang layak, Pemkab Lampung Barat tengah mempersiapkan proposal pengajuan program bedah rumah kepada Pemerintah Provinsi Lampung, yang mana dari 6000 rumah tersebut sekitar 150 rumah yang diusulkan dibedah.

"Kami berharap agar pemerintah dapat membantu Lampung Barat dalam mengentaskan kemiskinan di daerah ini, selain itu berharap pula pengusulan program bedah rumah dapat disetujui pemerintah," katanya. (ANT-049/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010