Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengutus Menteri Negara (Menneg) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amelia Sari untuk berangkat ke Arab Saudi guna mendampingi Sumiati selama menjalani perawatan medis.

Dalam konferensi pers setelah rapat kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa, Menko Polhukam Djoko Suyanto mengatakan Linda diutus oleh Presiden agar lebih leluasa mendampingi Sumiati yang dirawat di rumah sakit King Fahd, Madinah.

"Karena biasanya di Saudi Arabia, perempuan dan laki-laki sangat dibedakan, mungkin lebih leluasa untuk melaksanakan pendampingan kepada Sumiati," jelasnya.

Presiden Yudhoyono, menurut Djoko, amat menaruh perhatian terhadap Sumiati yang mengalami penyiksaan melampaui batas perikemanusiaan oleh majikannya di Arab Saudi.

Namun Djoko menegaskan, perbuatan warga Arab Saudi itu tidak mencermikan pemerintah Arab Saudi yang justru mengecam dan sangat menyesalkan perbuatan warga negaranya itu.

Senada dengan pemerintah Indonesia, pemerintah Arab Saudi pun ingin memproses hukum kejadian tersebut dan berjanji akan menegakkan keadilan.

Selain mengutus Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Presiden pun memerintahkan untuk dibentuk tim khusus dari Indonesia yang ahli dalam bidangnya guna mendampingi Sumiati untuk menjalani proses persidangan sebagai saksi.

Kementerian Luar Negeri pun segera memberangkatkan keluarga Sumiati dari Nusa Tenggara Timur guna memberikan dukungan moril kepada Tenaga Kerja Indonesia berusia 23 tahun itu. (*)
(T.D013/E011/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010