Jakarta (ANTARA News) - Sindicatum Climate Change Foundation (SCCF) dan Sindicatum Carbon Capital Group (SCC) menyampaikan komitmen mereka untuk memberi bantuan penanggulangan bencana bagi masyarakat yang terkena dampak letusan Merapi di beberapa lokasi.

Bantuan yang diberikan SCCF dan SCC itu dalam bentuk barang-barang untuk digunakanlangsung, serta instalasi pengadaan air bersih dan air minum.

Mereka mengirim dan menyerahkan genset, makanan, susu anak-anak, masker, selimut serta peralatan sekolah kepada 5 posko Peduli Merapi di Muntilan, Sleman, Bantul dan Wijirejo. Dalam pendistribusian yang telah dimulai itu mereka bekerja sama dengan organisasi sosial dari pengusaha Warwick Purser.

Proses pengadaan instalasi pengolahan air bersih (dalam bentuk sarana bergerak atau mobile unit) sedang berlangsung dan diharapkan akan tiba di lokasi dalam waktu dekat.

Kirk Evans, CEO SCC untuk wilayah Asia Tenggara mengatakan kerja suka rela merupakan bentuk pertanggung jawaban sosial SCC.

"Saya bersyukur bahwa dalam inisiatif ini banyak staf kami yang turut sukarela memberikan bantuan dan saya gembira bahwa kami dapat bekerja sama dengan baik dengan Warwick Purser dan stafnya di Yogyakarta," kata Evans, dalam siaran pers yang diterima Senin (15/11).

"Aktifitas SCC memiliki perspektif yang sangat terkait dengan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, untuk itu kami dapat mengerahkan dana dan pengetahuan lokal untuk secara langsung membantu masyarakat setempat di sekitar kami," tambah Evans.

SCCF adalah yayasan nirlaba asal Inggris, yang didirikan untuk menjembatani bantuan sosial dan proyek perusahaan dalam bidang Perubahan Iklim. Sementara, SCC adalah sebuah perusahaan perubahan iklim dan sumber daya berkelanjutan.

Mike Wheelhouse, Direktur Pelaksana Sindicatum Climate Change Foundation, mengatakan SCC bisa bergerak cepat dalam krisis karena mereka berada di tengah masyarakat.

“Kami dapat bergerak cepat dalam krisis tersebut karena SCC berada di tengah masyarakat dan dapat melaksanakan operasi secara cepat. Peralatan yang akan kami sumbangkan tersebut mudah diangkut dan hanya memerlukan sedikit pemeliharaan" kata Wheelhouse.

(ENY/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010