Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional sepak bola Indonesia dibawah asuhan pelatih Alfred Rield tidak akan menganggap remeh Timor Leste, calon yang akan dihadapi pada partai ujicoba di Stadion Jakabaring Palembang, Minggu (21/11).

"Secara peringkat Timor Leste memang jauh dibawah Filipina. Tapi kita tidak boleh meremehkan peringkatnya," kata Alfred Riedl usai latihan terakhir menjelang ujicoba di Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis.

Timor Leste pada peringkat yang dirilis oleh otoritas tertinggi sepak bola dunia yaitu FIFA berada diposisi 201 dan Filipina berada diposisi 151. Sedangkan Indonesia saat ini berada diposisi 135.

Filipina merupakan calon lawan Firman Utina dan kawan-kawan. Namun demikian rencana itu dibatalkan karena sembilan pemain timnas Filipina tidak mendapatkan ijin dari lembaganya.

Menurut Riedl, pada ujicoba internasional terakhir sebelum turun pada Piala AFF 2010 awal Desember nanti, ia berharap mampu meraih yang terbaik karena ujicoba akan berpengaruh pada kinerja tim yang saat ini ada.

"Ujicoba ini harus dimaksimalkan. Mau apalagi, siapa calon lawan harus dihadapi dengan maksimal," kata pelatih asal Austria itu dengan tegas.

Ia menjelakskan, berdasarkan latihan yang dilakukan, ia optimistis Bambang Pamungkas dan kawan-kawan bisa mampu memberikan yang terbaik apalagi dua pemain yang baru masuk sudah menyatu dengan tim.

Dua pemain baru yang memperkuat tim Merah Putih itu adalah Dendy Santoso dari Arema Indonesia dan Johan Joansyah dari Persijap. Kedua pemain itu menggantikan Oktavianus dan Boaz Salossa.

"Dendy cukup bagus dan telah menyatu. Kami akan terus memantau perkembangannya termasuk pemain-pemain yang terdahulu," katanya menambahkan.

Masuknya Dendy Santoso memperketat perebutan posisi lini depan timnas. Sebelumnya ada empat pemain yang bersaing yaitu Bambang Pamungkas, Yongky Aribowo, Irfan Bachdim dan pemain naturalisasi yaitu Christian Gonzales.

"Siapa yang siap, itu yang akan kami turunkan. Kami akan terus pantau mereka," kata mantan pelatih Laos itu.

Indonesia selain menghadapi Timor Leste juga dijadwalkan melawan Taiwan yang juga akan digelar di Stadion Jakabaring Palembang, Kamis (24/11) mendatang.(*)
(T.B016/B/A032/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010