Guangzhou, China (ANTARA News) - Setelah memenangi medali emas Asian Games, bintang bulu tangkis China Lin Dan kembali dihadapkan pada kisah romantisnya dengan Xie Xingfang dan penghasilannya yang disorot media.

Dengan mengalahkan peringkat satu dunia asal Malaysia Lee Chong Wei pada Minggu malam, Lin -- yang dipandang sebagai pemain bulu tangkis terbaik -- akhirnya meraih mahkota Asian Games untuk menggenapi gelar juara dunia dan Olimpiadenya, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Pertandingan itu sangat tegang, begitu selesai saya berusaha rileks dan Anda mengajukan pertanyaan yang menegangkan seperti ini," kata Lin kepada wartawan yang menanyakan perihal rencana pernikahan dengan kekasihnya, peraih medali perak Olimpiade Beijing Xie Xinfang.

"Ini pernyataan yang sangat penting dan saya akan menanggapinya dengan sikap sangat serius. Xie Xingfang dan saya sudah bersama sejak kami bergabung dengan tim nasional dulu. Ia sangat baik bagi saya."

Hubungan asmara Lin dengan Xie yang sekarang sudah pensiun sering menjadi topik dalam media di China karena jutaan fans yang memujanya ingin tahu setiap gerakan pasangan tersebut.

Tanggapannya pada Minggu berbeda dengan sepekan lalu ketika ia mengatakan kepada wartawan bahwa ia terlalu muda untuk menikah dan pernikahan "tidak ada dalam agenda saya."

Tidak peduli apakah Lin menikah atau tidak, uang tampaknya bukan masalah karena pebulu tangkis berusia 27 tahun itu menghasilkan jutaan dolar dari sponsor, demikian laporan media, Senin.

"Kemampuannya `mendulang emas`, telah membangun statusnya menjadi `Super Dan`," kata Beijing Morning Post, sementara harian berbahasa Inggris China Daily menyebutkan popularitas Lin di China hanya disamai oleh pebola basket Yao Ming.

Pada Asian Games, wajah Lin terpampang pada iklan dimana-mana, mulai dari minuman ringan, susu, bir dan kosmetik pria hingga pakaian dan perlengkapan olah raga, pisau cukur, makanan cepat saji dan jasa pengiriman cepat -- adalah beberapa di antaranya.

Menurut Morning Post, ia menghasilkan antara satu juta yuan (150.000 dolar) hingga dua juta yuan untuk setiap sponsor, yang membuatnya masuk dalam daftar selebritas China paling kaya dalam Forbes.

Setelah kemenangan terbarunya dan menjelang Olimpiade London, `Super Dan` tampaknya akan menghasilkan lebih, tambah laporan tersebut.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010