Jayapura (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menyatakan seluruh anggota Polri khususnya di Papua terlibat aktif dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3 dan 2.
 
Anggota Polri di seluruh Papua terlibat aktif dan tergabung dalam satgas penanganan COVID-19 yang ada di kabupaten dan kota, termasuk tiga wilayah yang sebelumnya masuk PPKM Level 4, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.
 
Polri melalui babinkamtibmas berupaya memberikan pemahaman terkait pemberlakuan PPKM, kata Irjen Pol Mathius Fakhiri, di Jayapura, Senin.
 
Dia mengakui, penerapan PPKM perlu sinergitas dengan semua pihak, sehingga masyarakat memahami dan mematuhi pembatasan yang dilakukan mengingat setiap daerah memiliki peraturan terkait penegakan hukumnya.
 
Menurut dia, pemberlakuan PPKM sangat efektif karena dari laporan yang diterima khususnya di Kota Jayapura yang ditetapkan sebagai daerah PPKM Level 4 saat ini sudah mengalami penurunan kasus COVID-19.
 
"Kasus COVID-19 di Kota Jayapura menurun signifikan setelah diberlakukannya PPKM Level 4," kata Fakhiri, seraya berharap penurunan juga terjadi di daerah lainnya di Papua.
 
Selain penerapan PPKM di wilayah yang masuk kategori level 4, 3 dan 2, saat ini juga gencar melaksanakan vaksinasi.
 
Vaksinasi COVID-19 terhadap masyarakat bertujuan untuk meningkatkan herd immunity, apalagi Papua menjadi tuan rumah pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI.

Pihaknya berharap masyarakat dalam beraktivitas senantiasa mematuhi protokol kesehatan, guna menekan penyebaran COVID-19.
Baca juga: Kakorlantas pantau vaksinasi dan penerapan PPKM di Papua
Baca juga: Rencana "lockdown" sebulan, Gubernur Papua minta warga bersiap

 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021