Mamuju (ANTARA News) - Kepala Biro Humas dan Protokoler Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Jusri Basir, mengemukakan, perusahaan Kalla Grup berencana akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Kecamatan Bonehau sekitar 50 kilometer dari kota Mamuju.

"Memang benar, perusahaan Kalla Grup dibawah asuhan mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, akan bertandang ke Sulbar dalam rangka mengunjungi lokasi rencana pembangunan PLTMH di Bonehau," kata Jusri Basir.

Menurutnya, sesuai dengan informasi dari pihak Kalla Grup yang disampaikan ke pemprov Sulbar, bahwa direncanakan, besok, Rabu, (24/11) pak JK akan hadir dalam rangka melakukan peninjauan rencana pembangunan PLTMH tersebut.

Ia mengatakan, kungjungan pak JK juga akan mengungjungi beberapa rencana pembangunan yang akan didanai oleh perusahaan Kalla Grup di provinsi terbungsu ini.

"Pak JK sangat serius untuk berperan dalam percepatan pembangunan di provinsi ini dan pembangunan Kawasan Timur Indonesia (KTI). Makanya, kita sangat mengapresiasi dengan rencana kungjungan rombongan JK yang akan tiba di bandara Tampapadang, Mamuju sekitar pukul 10.00 Wita," jelas Jusri.

Dia mengemukakan, rencana pak JK untuk membangun PLTMH di Bonehau sudah diwacanakan sejak menjabat sebagai wapres RI yang lalu dalam rangka mengatasi krisis listrik yang terjadi.

Sebelumnya, Gubernur Sulbar, H. Anwar Adnan Saleh, mengatakan, kedatangan pak JK ke Sulbar sebagai wujud komitmennya untuk memperhatikan pelaksanaan pembangunan di Sulbar dan kawasan KTI pada umumnya.

Gubernur mengatakan, JK sesungguhnya sudah sempat melakukan peninjauan lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan PLTMH di Bonehau dan telah menyaksikan sendiri lokasi tersebut pada saat berkunjung ke Sulbar.

Pada kungjungan kali ini kata dia, pak JK tidak lagi sendiri namun membawa rombongan yang akan melaksanakan kegiatan pembangunan PLTMH itu.

Menurut dia, pembangkit listrik yang direncanakan tersebut akan berkekuatan sekitar 2x75 megawatt melalui perusahaannya.

"Pemprov Sulbar tentu menyambut gembira dengan tindaklanjut atas janji pak JK untuk membangun pembangkit listrik dan beberapa pelaksanaan pembangunan lainnya," pungkasnya. (ACO/K004)

Pewarta: NON
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010