Cancun, Mexico (ANTARA News) - Sebanyak 6.000 personil polisi dan militer mulai berpatroli di tempat pelancongan Mexico di Karibia, Cancun, pekan ini, sebelum konferensi iklim PBB mulai Senin, demikian keterangan pemerintah setempat.

Protes dari pegiat lingkungan hidup diperkirakan akan menyertai pertemuan tersebut, dari 29 November sampai 10 Desember, di bawah tekanan guna memajukan upaya bagi tercapainya kesepakatan global tentang pengekangan gas rumah kaca setelah 2012, sebagaimana dikutip dari AFP.

Lebih dari 700 anggota Marinir Mexico direncanakan digelar di seluruh negara bagian Quintana Roo di bagian tenggara negeri tersebut mulai Kamis, baik di darat maupun di laut. Sebanyak 15 kapal , termasuk satu rumah sakit kapal, juga dikerahkan, kata pihak militer Cancun.

Polisi federal direncanakan menjaga semua hotel yang disiapkan untuk menampung utusan dari lebih 194 negara. Sebanyak 25.000 orang diperkirakan berada di tempat pelancongan pantai itu selama dua pekan, kata Miguel Angel Ramos. dari Kementerian Keamanan Negara.

Empat menara setinggi tujuh meter juga telah didirikan agar polisi dapat mengawasi apa yang disebut "Villa Iklim", tempat sebanyak 12.000 ahli dan wakil dari organisasi swadaya masyarakat (lsm) diperkirakan menghadiri berbagai pertemuan yang diselenggarakan disamping pertemuan iklim itu.
(ANT/A024(

Pewarta: NON
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010