Guangzhou, China (ANTARA News/AFP) - Jepang merebut medali emas cabang sepak bola untuk pertamakalinya dalam Asian Games, Kamis, setelah mencatat kemenangan 1-0 atas Uni Emirat Arab (UAE), yang menyia-nyiakan sejumlah peluang pada pertandingan final.

Pemain belakang Yuki Saneto menciptakan satu-satunya gol dalam pertandingan itu pada menit ke-73 untuk memberi Jepang kemenangan ketujuh mereka dalam tujuh pertandingan dalam Asian Games ke-16 ini.

Empat tembakan dari para pemain UAE mengarah ke gawang pada babak pertama, dengan Omar Al Omoudi mendapat peluang terbaik namun sundulannya melebar setelah sebelumnya tendangan spektakuler masih dapat diselamatkan oleh penjaga gawang Jepang Shunsuke Ando.

Jepang mencapai final dengan langkah mengesankan meraih enam kemenangan secara beruntun dan didukung dengan pemain berbakat dalam menyerang Kensuke Nagai (25) yang sudah menjebol lima gol dalam lima pertandingan.

Namun UAE yang meneruskan tekanan pada babak kedua dengan Ahmed Al Abry, yang menciptakan gol kemenangan ketika melawan Korea Selatan, hanya bisa menyaksikan Ando menyelamatkan sundulan kepalanya dari jarak dekat.

Abdulla Bloushi kemudian memaksa Ando melakukan penyelamatan gemilang dengan kakinya.

Tapi UAE harus membayar mahal penyia-nyiakan mereka saat Jepang memecahkan kebuntuan pada menit ke-73.

Sebuah umpan silang mengarah ke bek kanan Saneto dan melakukan satu sentuhan dan melepaskan tendangan kaki kanan ke pojok gawang, melewati penjaga gawang dan kapten Ali Housani yang membuat Jepang unggul 1-0.

Pemain pengganti Saeed Al Kathiri sempat melakukan sundulan namun dapat diselamatkan Ando dan Jepang mempertahankan kemenangan untuk merebut medali emas.

Pada pertandingan sebelumnya, Korea Selatan mengalahkan Iran dengan tiga gol dalam 12 menit terakhir, untuk merebut medali perunggu, dengan kemenangan 4-3.(*)
(I015/Z002/R009)

Pewarta: NON
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010