Jakarta (ANTARA News) - Timnas sepak bola dibawah asuhan Alfred Riedl mulai menyiapkan diri untuk menghadapi Malaysia pada babak penyisihan Piala AFF 2010 grup A di Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu (1/12) pekan depan.

Ahmad Bustomi dan kawan-kawan meski baru saja menjalani pertandingan ujicoba internasional melawan Timor Leste, Sabtu (21/11) dan Taiwan, Rabu (24/11) langsung digembleng dengan dengan materi latihan yang telah diprogramkan.

"Pertandingan sudah dekat. Tidak ada waktu lagi untuk santai. Yang jelas kami akan secepatnya mencoba beberapa strategi untuk melawan Malaysia," kata Alfred Riedl usai memimpin latihan di Lapangan PSSI Senayan, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, khusus untuk menghadapi Malaysia pihaknya akan menerapkan strategi khusus. Hanya saja untuk menentukan itu masih menunggu kepulangan Direktur Teknik PSSI Sutan Harhara yang saat ini mengintip kekuatan calon lawan di Malaysia.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya akan menentukan tim inti yang akan diturunkan pada pertandingan perdana Piala AFF nanti. Meski demikian, pihaknya telah mengantongi beberapa nama yang pantas menjadi starter saat menghadapi Malaysia.

"Delapan sampai sembilan pemain terus kami pantau. Dengan sisa waktu yang ada, kami akan terus memantau perkembangan pemain," katanya menambahkan.

Jika melihat latihan perdana usai pertandingan ujicoba, ada delapan pemain yang mendapatkan pantauan khusus yaitu Markus Haris Maulana (k), M. Roby, Hamka Hamzah, Zukifly Syukur, M. Ridwan, Ahmad Bustomi, Irfan Bachdim dan Christian Gonzales.

"Persiapan kurang lebih telah mencapai 85 persen. Untuk 100 persen saya kira cukup berat dengan kondisi pemain saat ini," kata mantan pelatih timnas Laos itu.

Ia menjelaskan, meski persiapan baru 85 persen pihaknya optimitis Firman Utina dan kawan-kawan bisa maksimal. Apalagi timnas baru saja menorehkan hasil bagus saat melakukan pertandingan ujicoba internasional.

"Antara pemain inti saat pertandingan ujicoba dengan cadangan kemampuannya tidak berbeda jauh. Jadi yang diperlukan saat ini adalah mental bertanding," katanya menegaskan.

Ditanya siapa saja yang akan didaftarkan ke AFF pada pertandingan nanti, pria berkumis itu belum bisa memberikan keterangan.

Menurutnya, keputusan terkait dengan pemain akan diputuskan satu hari menjelang pertandingan.

Indonesia pada babak penyisihan Piala AFF 2010 grup A di Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta akan menghadapi Malaysia (1/12), Laos (4/12) dan terakhir melawan timnas Thailand (7/12).(*)

(T.B016/R014/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010