Dalam Forum Bakohumas

     Jakarta, 26/11 (ANTARA) - Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM) menjadi salah satu program prioritas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) dalam lima tahun ke depan. Melalui GNCM diharapkan kualitas pelayanan museum semakin baik, begitu pula minat masyarakat berkunjung ke museum tinggi, dan jumlah pengunjung museum di seluruh tanah air menjadi meningkat.

     "Tahun Kunjung Museum (Visit Museum Year) 2010 yang dicanangkan pemerintah (Kemenbudpar) merupakan langkah awal dalam menumbuhkan kembali semangat untuk mengunjungi dan mencintai museum di masyarakat, "kata Sekjen Kemenbudpar Drs. Wardiyatmo, M.Sc dalam sambutannya ketika membuka acara Diskusi Forum Bakohumas yang berlangsung di Museum Nasional Jakarta, Kamis (25/11).

     Sementara itu dalam laporannya, Kepala Pusat Informasi dan Humas (Pusformas) Kemenbudpar I Gusti Ngurah Putra, SE,CHT mengatakan, acara diskusi sehari yang mengakat tema Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Gerakan Nasional Cinta Museum merupakan kerjasama Pusformas Kemenbudpar dengan Bakohumas. Pada diskusi kali ini juga menghadirkan nara sumber Dirjen Sejarah dan Purbakala (Dirjen Sepur) Kemenbudpar, Ir. Aurora Tambunan, M.Sc.

     Wardiyatmo mengatakan, pembangunan karakter bangsa tidak lepas dari pembangunan jati diri bangsa. Sementara keberhasilan penanaman jati diri sangat berhubungan dengan sosialisasi nilai-nilai luhur bangsa baik secara formal maupun informal. "Sosialisasi nilai-nilai luhur bangsa melalui pendidikan secara formal dapat dilakukan di sekolah-sekolah, sedangkan secara informal melalui berbagai kegiatan yang ada di masyarakat salah satunya adalah melalui forum Bakohumas," kata Wardiyatmo, seraya mengatakan di era globalisasi pembangunan karakter bangsa sangat penting, karena bangsa yang memiliki karakter unggul akan mempunyai daya saing di antara bangsa-bangsa lain.

     Sementara itu Dirjen Sejarah dan Purbakala Aurora Tambunan menyatakan, program revitalisasi museum dilakukan hingga 2014 yang meliputi antara lain perbaikan fisik museum termasuk kualitas pelayanan dan penataan benda-benda museum agar lebih menarik minat masyarakat, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pengelola museum agar lebih profesional. "Hingga akhir 2014, program revitalisasi museum diharapkan akan menyentuh 87 museum di seluruh tanah air, "kata Aurora Tambunan.

     Acara diskusi Forum Bakohumas yang diikuti sekitar 150 undangan di antaranya Ketua Bakohumas Drs. Subagio, MS diakhiri dengan acara tour de museum untuk memberikan kesempatan para peserta melihat koleksi museum nasional, termasuk koleksi masterpiece yang tidak miliki museum lain di seluruh dunia.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ka.Pusformas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata

Pewarta: NON
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2010