Jakarta (ANTARA News) - Jajaran pelatih timnas sepak bola Indonesia kembali memanggil pemain baru untuk memenuhi kuota pemain yang bisa memperkuat tim Merah Putih pada Piala AFF 2010, 1-29 Desember nanti.

Dua pemain itu adalah Mardiga Lasut dari Sriwijaya FC dan Fendry Mofu dari Semen Padang. Pemain itu diproyeksikan menggantikan posisi Oktavianus dan Hariono yang mengalami cedera.

"Dua pemain itu menggantikan pemain yang cedera. Mereka nantinya akan didaftarkan ke AFF untuk memenuhi kuota 30 pemain," kata asisten pelatih timnas Widodo Cahyono Putro di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, sebetulnya pendaftaran pemain telah ditutup pada tanggal 1 November lalu, namun demikian pihaknya menilai masih adalah peluang untuk mengajukan revisi pemain hingga tanggal 30 November nanti.

Dengan adanya penggantian pemain tersebut, kata dia, kuota 30 pemain yang diberikan oleh AFF akan terpenuhi meski pada pertandingan nanti yang didaftarkan secara resmi hanya 22 pemain.

"Dua pemain itu sebagai pelapis. Jika dibutuhkan keduanya bisa dipanggil sewaktu-waktu, asalnya penggantiannya telah disetujui," katanya menambahkan.

Cidera pemain memang cukup menghantui perjalanan timnas dibawah asuhan Alfred Riedl. Selain Oktavianus dan Hariono, ada beberapa pemain yang kondisinya kurang maksimal diantaranya Octovianus Maniani, Bambang Pamungkas dan Eka Ramdani.

Dengan kondisi itu, pelatih Alfred Riedl mengaku persiapan tim baru sekitar 85 persen meski pelaksanaan babak penyisihan Piala AFF tinggal beberapa hari. Namun pihaknya tetap optimistis dengan pemain yang ada.

Pada Piala AFF 2010, selain mengandalkan pemain sering masuk timnas sebelumnya juga mengandalkan pemain baru seperti pemain keturunan yaitu Irfan Bachdim dan pemain naturalisasi Christian Gonzales.

Kedua pemain itu telah menunjukkan kemampuannya saat timnas melakukan pertandingan ujicoba intenasional di Palembang yaitu melawan timnas Timor Leste dan Taiwan beberapa waktu lalu.

Indonesia selaku tuan rumah pada pertandingan pertama Piala AFF 2010 akan menghadapi Malaysia, Rabu (1/12), disusul melawan Laos, Sabtu (4/12) dan pertandingan terakhir melawan Thailand, Selasa (7/12).(*)

(T.B016/T009/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010