London (ANTARA News/AFP) - Lembaga pemeringkat Standard & Poor`s menurunkan posisi kredit empat bank besar Irlandia pada Jumat, mengatakan mereka kesulitan memperoleh pembiayaan antarbank meski didukung pemerintah, sekarang didukung oleh sebuah penyelamatan Uni Eropa-IMF.

Pihaknya juga memperingatkan reaksi pengaruhnya pada beberapa bank yang berbasis di Irlandia Utara dan satu dengan terkait ke London.

Keempat bank Irlandia itu, Allied Irish Banks PLC (AIB), Bank of Ireland (BOI) dan Irish Life and Permanent PLC (IL&P), diturunkan satu tingkat, dan Anglo Irish Bank Corp Ltd diturunkan enam tingkat.

Aksi pada Anglo Irish Bank "karena kami percaya bahwa pemerintah Irlandia mungkin terpaksa untuk mempertimbangkan kembali sikap mendukung saat ini ke arah utang Anglo tanpa jaminan.

Penurunan diterapkan untuk peringkat counterparty jangka panjang dari empat bank domestik milik Irlandia, tapi lembaga itu juga menurunkan peringkat kredit Barclays Bank Ireland PLC (BBI) dengan satu tingkat.

S&P menempatan pada pantauan dengan implikasi negatif peringkat Ulster Bank Ireland Ltd, perusahaan indukny Ulster Bank Ltd Inggris, dan KBC Bank Ireland PLC.

Ini berarti bahwa "kami dapat mengambil tindakan peringkat dalam peristiwa peringkat utang negara diturunkan lebih lanjut."

S&P mengatakan keputusan ini "mengikuti periode turbulen untuk sistem perbankan Irlandia, yang dalam pandangan kami telah mengakibatkan nasib utang Irlandia menjadi semakin terjalin dengan sistem perbankan."

Ia berkata: "Dalam beberapa bulan terakhir, kita melihat bahwa bank-bank domestik yang dimiliki Irlandia telah kesulitan untuk sumber pendanaan jangka panjang, bahkan ketika pemerintah menjamin".

"Kami mengamati bahwa bank-bank juga menderita akibat arus keluar deposito yang signifikan dari nasabah institusi dan menjadi sangat bergantung pada pendanaan bank sentral."

Kembali ke profitabilitas bagi bank-bank ini cenderung lebih sulit daripada yang lembaga perkirakan.

Lembaga itu mengatakan, mereka memahami bahwa penyelamatan IMF/Uni-Eropa untuk Irlandia, yang disepakati dalam prinsip akhir pekan lalu dan diharapkan akan diikat akhir pekan ini, akan langsung mendukung terhadap "peningkatan signifikan kapitalisasi bank-bank penting Irlandia yang paling sistemik."

Ini "mungkin akhirnya berhasil" dalam menopang "kurangnya kepercayaan pada sistem" tapi AIB, BOI dan ILP menghadapi waktu jangka panjang dalam menyapih diri mereka sendiri dari dukungan, kata S&P. (A026/K004)

Pewarta: NON
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010