Jakarta (ANTARA News) - Para regulator di Uni Eropa memulai penyelidikan resmi terhadap Google, hari Selasa. Penyelidikan itu, seperti dilaporkan Reuters, menekan Google untuk menawarkan konsesi atas aduan "antitrust".

Langkah dari Komisi Eropa itu terjadi sembilan bulan setelah Foundem, situs perbandingan harga, dan mesin pencari ejustice.fr menuduh algoritma Google menjatuhkan hasil pencarian mereka di web karena mereka adalah saingan Google.

Ciao, perusahaan milik Microsoft, juga mengajukan pengaduan ke Komisi Eropa atas standar syarat dan ketentuan yang diterapkan Google.

"Komisi akan menyelidiki apakah Google telah menyalahgunakan posisi dominannya di pasar pencarian online dengan cara sengaja menurunkan peringkat hasil pencarian pesaingnya," kata eksekutif Uni Eropa dalam pernyataan.

Komisaris Persaingan Joaquin Almunia mengatakan terlalu dini untuk mengatakan ada masalah dengan praktik-praktik bisnis Google.

"Saya ingin menjelaskan bahwa ini bukan berarti pasti ada masalah - itu jauh terlalu dini," katanya dalam sidang Parlemen Eropa.

Google menyatakan akan bekerja sama dengan regulator.

"Selalu ada akan ruang untuk perbaikan, jadi kita akan bekerja sama dengan Komisi untuk mengatasi setiap masalah," kata juru bicara Google.

Perusahaan itu membela formula mereka yang memeringkat situs web dan mengatakan telah berhenti menggunakan kontrak eksklusif hampir dua tahun yang lalu.

"Kami membangun Google untuk pengguna, bukan untuk situs web, dari pemeringkatan ini memang ada situs web yang tak akan senang dengan posisi mereka," kata jurubicara itu.

"Situs-situs itu telah mengadukan bahkan menggugat kami selama ini, tetapi dalam semua kasus ada alasan kuat mengapa situs mereka diberi peringkat buruk oleh algoritma kami."

Komisi itu juga akan mencari tahu tuduhan bahwa Google akan menetapkan kewajiban eksklusivitas pada mitra-mitra iklannya dengan tujuan mengalahkan mesin pencari lainnya. Komisi juga akan menyelidiki dugaan pembatasan portabilitas data kampanye iklan online Google terhadap platform iklan online pesaing mereka.
(A038/A038/BRT)

Penerjemah:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010