Pangandaran (ANTARA News) - Pebalap Putra Perjuangan Bandung, Dadi Suryadi dinobatkan menjadi juara "So Nice Tour de Jabar 2010", setelah membukukan waktu terkecil selama gelaran kejuaraan balap sepeda berlangsung yaitu 11.22.32.

Pemegang nomor "start" dua itu, meski mampu merebut kaos kuning yang sebelumnya dipegang oleh Warseno dari Tirta Cycling Team Solo Raya, belum pernah menjadi juara etape yang telah dilaluinya.

"Terus terang saya tidak menyangka bisa menjadi juara. Ini prestasi tertinggi yang saya raih selama berkarir di balap sepeda," katanya saat dikonfirmasi di Pengandaran Ciamis, Jumat.

Menurut dia, target awal ikut dalam kejuaraan ini adalah mendukung teman satu tim yang salah satunya pebalap senior Nunung Burhanudin. Tapi di tengah perjalanan bisa unggul, terutama di etape terakhir dari Pangandaran-Banjarsari PP.

Keunggulan di etape terakhir, kata dia, membuat selisih poin dengan pemegang klasemen umum yaitu Warseno mampu dikejar. Hasil yang diraih ini juga berkat dukungan dari tim.

"Sejak start etape terakhir saya terbawa rombongan depan. Saya tidak sadar kalau meninggalkan rombongan di belakang. Setelah itu, saya berusaha terus menekan hingga finis," ujarnya menambahkan.

Dadi Suryadi yang baru saja lolos seleksi timnas SEA Games 2011 itu, selain merebut kaos kuning sebagai pemimpin klasemen juga merebut kaos biru atau pebalap Jawa Barat tercepat.

Dengan kemenangan ini, pebalap asal Sumedang itu berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp6 juta untuk klasemen umum dan Rp5 juta untuk pebalap Jabar tercepat.

Untuk posisi kedua direbut pebalap dari Customs Cycling Club Robin Manulang dengan catatan waktu 11.22.41, disusul Warseno dari Tirta Cycling Team Solo Raya dengan catatan waktu akhir 11.24.47.

Sementara itu untuk klasemen akhir tim, Putra Perjuangan Bandung berada diposisi pertama disusul Customs Cycling Club dan di posisi tiga Dodol Picnic Garut. Tim ini masing-masing secara berurutan memperoleh hadiah Rp10 juta, Rp7,5 juta dan Rp5 juta.

"So Nice Tour de Jabar 2010" menempuh jarak 540 km dan terbagi atas lima etape yaitu 1A, 1B, II, III dan IV. Selain mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Provinsi Jawa Barat dan beberapa kabupaten/kota, juga didukung penuh oleh perusahaan sosis So Nice.
(B016/B010)

Pewarta: NON
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010