Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 4.600 anggota Asosiasi biro perjalanan wisata Indonesia (ASITA) menawarkan tarif paket wisata termurah ke Yogyakarta dengan biaya Rp800.000 untuk tiga hari dua malam.

Ketua Asita, Ben Sukma, di Jakarta, Senin, mengatakan, paket hemat wisata ke Yogyakarta dan sekitarnya akan diusulkan untuk berjalan hingga enam bulan lamanya.

"Kalau harga paket normalnya sekitar Rp1.300.000, dan paket ini akan dijual oleh 4.600 anggota Asita, sekarang tinggal tahap finalisasi," kata Ben.

Selain itu, katanya, untuk mengembalikan kondisi pariwisata Yogyakarta dan sekitarnya, maka pihaknya juga sedang mengusulkan kepada operator penerbangan nasional untuk memberikan diskon khusus untuk memberikan dukungan pada paket wisata murah itu.

"Kalau sekarang ini, kita baru mengusulkan hanya kepada penerbangan 'pelat merah' saja, sebagai bagian dari bentuk Kepedulian Sosial Perusahaan dari BUMN penerbangan itu," kata Ben.

Menurut dia, pihak operator penerbangan paket wisata ini dapat menyediakan sekitar 20 kursi dari 100 kursi yang tersedia dan memang dikhususkan untuk paket wisata ke Yogyakarta ini dengan diskon tertentu.

"Caranya mudah, wisatawan tinggal menunjukkan saja pembelian paket wisata ini, nanti tinggal dihitung diskonnya, saya rasa bagi BUMN permintaan seperti itu tidaklah berat," kata Ben.

Pascabencana letusan Merapi beberapa waktu lalu, pariwisata Yogyakarta sempat terpuruk dengan banyaknya penundaan dan pembatalan perjalanan wisata.

Pemerintah dan para pelaku wisata Yogyakarta saat ini sedang berupaya memulihkan kembali citra pariwisata kota gudeg dengan berbagai cara di antaranya dengan menyelenggarakan banyak event dan pertemuan skala besar di kota Yogyakarta dan sekitarnya.
(H016/B010)

Pewarta: NON
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010