Bogor (ANTARA News) - Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) berupaya untuk memperkokoh keberadaan empat pilar bangsa, yang saat ini sedang gencar disosialisasikan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI.

Ketua Steering Committee Panitia Muktamar ke-V ICMI Prof Hidayat Syarief di Bogor, Senin, mengatakan, organisasi yang dibentuk pada 1990 itu berupaya menguatkan apa yang sudah dilakukan MPR demi kejayaan bangsa.

"ICMI menyampaikan apresiasi atas upaya MPR dalam menanamkan kembali nasionalisme melalui sosialisasi empat pilar bangsa," ujar Prof Hidayat Syarief di sela-sela Muktamar-V ICMI.

Muktamar-V ICMI dilangsungkan di Institut Pertanian Bogor (IPB) International Convention Center (IICC), Botani Aquare, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat.

Perhelatan akbar lima tahunan ICMI tersebut berlangsung mulai 4-7 Desember 2010 diikuti sekitar 1.200 peserta yang berasal dari 33 provinsi se-Indonesia.

Hidayat Syarief mengatakan, ICMI memiliki komitmen yang kuat dalam mempertahankan empat pilar bangsa.

Empat pilar bangsa dimaksud yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika.

Menurut Hidayat, empat pilar bangsa tersebut sejalan dengan visi ICMI dalam membangun peradaban Indonesia yang madani.

"ICMI akan beripaya memperkuat empat pilar bangsa untuk mewujudkan kesejahteraan dan kejayaan Indonesia," demikian Hidayat Syarief.

(ANT-053/S019/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010