Palembang (ANTARA News) - Pelatih Sriwijaya Football Club Ivan Kolev mengatakan ujian sesungguhnya Tim Nasional Indonesia adalah saat melawan Thailand pada pertandingan terakhir Grup A Piala Asian Football Federation di Jakarta, Selasa (7/12).

"Timnas akan menghadapi ujian sesungguhnya saat bertemu Thailand nanti. Dua laga sebelumnya, memang bisa dikatakan timnas lebih unggul dari segi kwalitas pemain," kata Kolev di Palembang, Senin.

Menurutnya, meskipun saat ini Indonesia menjadi pemuncak sementara klasemen grup, bukan berarti dapat memetik kemenangan mudah dari Thailand.

"Thailand adalah juara Piala AFF sebanyak tiga kali, dan Indonesia sendiri kerap kali terganjal oleh Thailand. Saya rasa, mereka akan lebih percaya diri saat menghadapi Indonesia," kata mantan pelatih timnas ini.

Dia tak menampik peluang Indonesia untuk mengalahkan Thailand cukup terbuka, mengingat memetik hasil positif dari dua laga sebelumnya.

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan telak tim Malaysia dengan skor 5-0 (1/12) dan Laos dengan skor 6-0 (4/12). Sementara, Thailand justru ditahan imbang 2-2 oleh Laos.

"Kondisi timnas pasti lebih kondusif dibandingkan Thailand karena penuh motivasi. Tapi, yang harus diperhatikan adalah masalah mental pemain supaya tidak cepat puas, karena lawan dihadapi adalah Thailand," ujar dia.

Menurutnya, Tim Negara Gajah Putih itu memiliki karakter permainan yang kuat dan didukung oleh materi pemain berkwalitas.(*)

ANT/M033/AR09

Pewarta: NON
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010