Nusa Dua (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menilai peningkatan jumlah negara peserta dan pemantau Forum Demokrasi Bali (BDF) mencerminkan besarnya komitmen Asia atas nilai-nilai demokrasi.

"Peningkatan tersebut mencerminkan perkembangan demokrasi di Asia yang positif ... dan komitmen Asia tentang nilai-nilai demokrasi," kata Menlu dalam pembukaan BDF III di Nusa Dua, Bali, Kamis.

Menurut Menlu, BDF III diikuti oleh 42 negara peserta dan 29 negara peninjau, tiga kepala negara dan 27 ketua delegasi setingkat menteri.

Kegiatan BDF I tahun 2008 dihadiri oleh 40 negara peserta dan peninjau, sedangkan BDF II tahun 2009 dihadiri oleh 48 negara peserta dan peninjau.

"BDF III menjadi wujud makin terkonsolidasinya forum tersebut sebagai infrastruktur kawasan," katanya.

BDF, lanjut Menlu, mmenjadi forum antar pemerintah untuk saling bertukar pikiran mengenai demokrasi dan mendorong demokrasi di kawasan.

BDF III yang membahas tema "Demokrasi dan Pemajuan Perdamaian serta Stabilitas" secara resmi dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan diketuai bersama dengan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak.

Turut hadir juga Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah dan PM Timor Leste Xanana Gusmao.
(G003/R010)

Pewarta: NON
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010