Jakarta (ANTARA News) - Ganda campuran Fran Kurniawan/Pia Zebadiah akan mengulang pertemuan tahun lalu dengan pasangan Taiwan Lee Sheng Mu/Chien Yu Chin saat keduanya bertemu di perempat final Hong Kong Terbuka, Jumat.

Fran/Pia maju ke perempat final turnamen yang digelar di Queen Elizabeth Stadium, Hong Kong, Kamis, setelah menang atas ganda Malaysia Chan peng Soon/Goh Liu Ying dengan skor ketat 20-22, 21-19, 21-18.

Sedangkan unggulan delapan Lee/Chien yang mereka kalahkan di Hong Kong Terbuka tahun lalu, juga meraih kemenangan tiga game atas Kim Ki Jung/Jang Ye Na dari Korea 21-16, 16-21, 21-15.

Fran mengaku tidak ingin lengah akibat kemenangan pada pertemuan pertama menghadapi pasangan unggulan delapan tersebut.

"Ya kami sebelumnya sudah pernah bertemu dan menang, tetapi kami lupakan kemenangan itu dan konsentrasi pada pertandingan besok," kata Fran

"Kondisi kami dan mereka pun saat ini sudah banyak perubahan, tetapi kami akan berusaha memberikan yang terbaik," tambahnya.

Fran/Pia menjadi satu-satunya wakil ganda campuran Indonesia di babak delapan besar setelah Muhammad Rijal/Debby Susanto menyusul Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tersingkir di babak 16 besar.

Rijal/Debby menyerah pada ganda Korea Yoo Yeon Seong/Kim Min Jung 12-21, 17-21, sedangkan Tontowi/Liliyana menjadi korban pasangan China, unggulan kelima Zhang Nan/Zhao Yunlei 21-10, 17-21, 17-21.


Sesama Indonesia

Adapun dua ganda Indonesia akan bertarung memperebutkan satu tempat di semifinal saat unggulan kedua Markis Kido/Hendra Setiawan bertemu unggulan ketujuh Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan.

Kido/Hendra maju dengan kemenangan 21-15, 21-15 atas pasangan Thailand Songphon Anugritayawon/Sudket Prapakamol, sedangkan Alvent/Hendra mengalahkan ganda Pelatnas Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan dengan kemenangan 21-18, 21-9.

Kido memperkirakan pertandingan tersebut akan berlangsung ketat karena kedua pasangan sudah sering saling mengalahkan.

"Tahun lalu kami kalah di sini (Hong Kong)," kata Kido yang baru saja menyumbangkan medali emas Asian Games. Meski demikian Kido/Hendra telah membalas kekalahan mereka itu dengan kemenangan di Malaysia Grand Prix Gold 2010.

Dari turnamen Pertamina Open, dua tunggal putri Pelatnas berhasil maju ke semifinal, setelah Elysabeth Purwaningtyas dan Maziyyah Nadhir meraih kemenangan pada perempatfinal.

Elysabeth bangkit dari ketertinggalan pada game pertama untuk menang 16-21, 21-10, 21-10 atas Jesica Muljati dari Jaya Raya Bintaro sementara Maziyyah juga menang dengan cara serupa atas unggulan pertama Desy Nidya Amelia dari SGS PLN dengan kemenangan 21-15, 12-21, 21-18.

Selanjutnya, Elysabeth akan melawan Putri Mutia Restu Pangersa sedangkan Maziyyah bertemu Novalia Agustianti pada semifinal, Jumat.

Elysabeth mengatakan ia menargetkan dirinya dapat mencapai final turnamen berhadiah total Rp250 juta tersebut sekaligus ingin membalas kekalahan Putri. "Target saya sampai final saja dulu, karena saya pernah kalah dari lawan saya itu," katanya.(*)
(T.F005/I015/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010