Los Angeles (ANTARA News) - Saksofonis jazz ternama AS, James Moody, yang melejit karena karya improvisasinya "Moody`s Mood for Love", meninggal dunia di usia 85 tahun, di San Diego setelah 10 bulan berjuang melawan kanker.

James Moody wafat pada hari Kamis (9/12) setelah dirawat sejak awal pekan di San Diego Hospice and Institute for Palliative, Linda Moody, istri musisi itu, mengatakan di lamannya, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Saya bersyukur karena mendapat kehormatan untuk bisa menjadi istri pria yang luar biasa ini selama hampir 22 tahun. Aku belajar banyak dari pria yang cakep, ramah dan baik ini," Linda Moody mengatakan.

Lahir di Georgia dan dibesarkan di New Jersey, James melejit menjadi salah satu musisi jazz Amerika yang terhebat. Dia pernah tampil dengan Dizzy Gillaspie, Lionel Hampton dan B.B. King.

Dia juga pernah empat kali masuk nominasi Grammy Awards, penghargaan tertinggi untuk industri musik Amerika.

James Moody mulai rekaman pada akhir 1940an setelah bertugas di militer AS pada Perang Dunia II, dan dia melanjutkan membuat lagu dan tampil di panggung hingga tahun 2000an.

Dia menguasai permainan saksofon alto mau pun tenor serta seruling. James Moody menjadi sangat terkenal setelah menggubah lagu tahun 1930an "I`m in the Mood for Love" menjadi "Moody`s Mood for Love". Dia telah menghasilkan lebih dari 60 album.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010