Manokwari (ANTARA) - Pasien sembuh dari infeksi COVID-19 di Provinsi Papua Barat, Minggu, bertambah 19 orang sehingga total kesembuhan di provinsi ini mencapai 21.999 atau 97,5 persen dari 22.553 kasus positif.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Papua Barat dokter Arnold Tiniap di Kota Sorong, Minggu, mengatakan 19 pasien sembuh di provinsi ini berasal dari Kabupaten Manokwari 15 orang, Kota Sorong 2 orang, Kabupaten Sorong Selatan 1 orang dan Kabupaten Sorong 1 orang.

"Hari ini ada tambahan 59 kasus baru, sehingga jumlah kasus aktif atau pasien yang masih dirawat di rumah sakit maupun melakukan isolasi mandiri sebanyak 206 orang," kata Arnold Tiniap.

Baca juga: Menteri Airlangga dan Menteri Agus Gumiwang tinjau isoter kota Sorong

Dia juga mengimbau masyarakat yang belum menyelesaikan vaksinasi dosis kedua, untuk segera melakukan vaksinasi agar terbentuk kekebalan tubuh.

"Jangan pernah menolak vaksinasi COVID-19, karena vaksinasi sangat bermanfaat dan mempercepat penyembuhan ketika terpapar," pesan Arnold.

Baca juga: Masyarakat adat minta ganti rugi lahan pekuburan COVID-19 Kota Sorong

Selanjutnya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat Otto Parorongan mengatakan cakupan vaksinasi dosis kedua di provinsi ini sampai 4 September 2021 baru mencapai 15,7 persen.

"Sebanyak 124, 982 atau 15,7 persen orang di provinsi ini sudah divaksinasi dosis kedua. Capaian ini masih jauh dari dari total sasaran 797.402 penduduk Papua Barat," kata Otto Parorongan. 

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri apresiasi penanganan COVID-19 di Sorong

Baca juga: Karantina terapung pasien COVID-19 KM Sirimau kota Sorong beroperasi

Pewarta: Hans Arnold Kapisa
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021