Pandeglang (ANTARA News) - Provinsi Banten siap menyukseskan program penanaman satu miliar pohon 2010 yang dicanangkan pemerintah, di antaranya melalui kegiatan Bhakti Pemuda Penghijauan dan Lomba Lintas Alam Curug Puteri III tingkat provinsi.

"Kegiatan ini sebagai wujud kecintaan Pemerintah Provinsi Banten terhadap lingkungan, serta dalam rangka menyukseskan penanaman satu miliar pohon di Indonesia untuk dunia," kata Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah usai membuka Lomba Lintas Alam Curug Puteri III di Desa Cilentung Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang, Minggu.

Menurut dia, kegiatan tersebut juga sebagai salah satu upaya Provinsi Banten untuk memperluas kawasan hutan agar memenuhi ketentuan sesuai undang-undang, yakni 30 persen kawasan hutan dari total luas wilayah daerah setiap provinsi.

Provinsi Banten saat ini telah memiliki hutan seluas 208,161 atau baru sekitar 24,06 persen dari wilayah provinsi itu, seluas 865.120 ha. Dari luas hutan itu 150 ribu ha diantaranya berada di wilayah Kabupaten Pandeglang.

Untuk menyukseskan program tersebut, pada tahun 2009 Banten telah menanam sebanyak 11,056 juta pohon, melebihi target 10,3 juta pohon.

Pada 2010 dari target penanaman penanaman pohon di provinsi itu sebanyak 13,5 juta, dan hingga awal Desember telah terealisasi 11 juta pohon.

"Bhakti Pemuda Penghijauan dan Lomba Lintas Alam Curug Puteri III ini wujud kepedulian Banten terhadap lingkungan dan komitmen untuk menyukseskan program penanaman satu miliar pohon 2010," katanya.

Kegiatan tersebut, diikuti 400 peserta terdiri dari 80 regu dari berbagai kalangan seperti kelompok pecinta lingkunga, sekolah, dinas/intansi, BUMN/BUMD dan pihak swasta.

Setiap peserta yang mengikuti kegiatan tersebut diwajibkan membawa pohon untuk di taman di lokasi yang telah disediakan yakni di sekitar kawasan Curug Putri.

Dengan kegiatan tersebut, gubernur berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam pohon sebagai wujud kepedulian dan kecintaan lingkungan, serta dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan mengenal potensi alam di Provinsi Banten.

Gubernur juga mengajak pada pemerintah kabupaten/kota dan perhutani untuk melaksanakan kegiatan tersebut secara berkala. (*)
(U.M045/S031/R009)

Pewarta: NON
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010