Palembang (ANTARA News) - Pelatih Persija Rahmad Darmawan mengatakan akan menerapkan strategi bertahan pada laga uji coba melawan Sriwijaya Football Club di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Rabu (15/12).

Menurut Rahmad di Palembang, Senin, hal itu dilakukan karena pertandingan Persija pada ajang Liga Super Indonesia berikutnya merupakan laga tandang, yakni melawan Bontang FC pada 2 Januari 2011.

"Beruntung sekali uji coba dengan SFC merupakan laga tandang bagi kami, sehingga saya dapat menerapkan beberapa strategi bertahan yang akan dipakai melawan Bontang FC," ujar pelatih SFC musim lalu ini.

Dia menerangkan, pada umumnya tim-tim yang bermain di kandang lawan yang akan tampil lebih bertahan.

"Pada laga uji coba nanti saya memprediksi SFC akan tampil menyerang karena bermain di kandang sendiri. Hal inilah yang saya tunggu-tunggu, agar para pemain Persija dapat terlatih menghadapi gempuran tim tuan rumah," kata dia.

Rahmad pun mengaku akan menerapkan skema pemain dan taktik yang berbeda pada laga uji coba kali ini.

"Taktik dan startegi yang akan saya pakai akan berbeda dengan pertandingan melawan SFC pada 3 November lalu. Saat itu kami bertindak sebagai tuan rumah, sementara SFC menjadi tim tamu," ujar dia.

Akan tetapi, meski mengintruksikan skuad besutannya untuk fokus menerapkan strategi bertahan, tapi Rahmad tetap meminta pemainnya dapat menyeimbangkan antara bertahan dan menyerang.

"Bila bertahan terus tentunya akan menyulitkan tim. Begitu pula sebaliknya. Jika menyerang terus maka lini pertahanan akan kropos. Saya meminta pemain dapat mengombinasikannya, dengan menerapkan serangan balik," kata mantan pelatih Persipura ini.(*)
(ANT-039R014/R009)

Pewarta: NON
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010