Teheran (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Iran Mostafa Mohammad Najjar pada Jumat menuduh Badan Intelijen Amerika Serikat CIA terlibat dalam pengeboman bunuh diri di tenggara Iran yang menewaskan 36 jiwa.

"Dari penyelidikan terhadap perlengkapan yang digunakan dari kelompok teroris yang melakukan kejahatan tersebut, nampak jelas bahwa CIA dan badan intelijen negara lainnya terlibat," katanya seperti dikutip sebuah laman milik televisi pemerintah.

Menteri itu tidak menyebutkan rincian tentang penyelidikan terhadap ledakan tersebut.

Sebelumnya pejabat Iran menuduh dinas intelijen AS dan Inggris terlibat dalam penyerangan Rabu di kota Chabahar tersebut namun tidak menyebutkan badan intelijennya secara khusus.

Penyerangan terhadap prosesi keagamaan Syiah tersebut diklaim oleh kelompok milisi Sunni "Jundallah" (Laskar Tuhan) yang mengatakan mereka berjuang untuk hak terhadap wilayah etnis Sunni di komunitas Baluchi terhadap rezim Syiah Iran.

Media Iran pada Jumat mengatakan korban jiwa dari peledakan tersebut telah mencapai 36 jiwa pada malam puncak peringatan hari Asyura yang diperingati kelompok Syiah setiap tahunnya, sedangkan puluhan warga lainnya terluka.

Sembilan orang yang terkait peledakan tersebut dilaporkan telah ditangkap.
(KR-PPT/C/H-RN/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010