Blitar (ANTARA News) - Wakil Presiden (Wapres), Boediono, dijadwalkan melewati jalur rumah masa kecilnya di Jalan Dr Wahidin, Kelurahan Kepanjen Lor, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar, Jawa Timur, saat acara jalan pagi dalam rangkaian reuni SMAN I Blitar, Minggu (19/12).

Ketua panitia reuni SMAN I Blitar, Riyanto, Sabtu mengemukakan sesuai dengan rencana yang sudah disepakati, kegiatan jalan sehat yang dilakukan akan melewati rumah masa kecil Wapres Boediono. Hal itu dilakukan untuk mengenang masa kecil.

"Kami sengaja menggunakan jalur itu. Ini untuk mengenang masa kecil," katanya.

Ia mengatakan, dalam kegiatan itu untuk jalur dimulai dari SMAN I Blitar, Jalan A Yani lalu Jalan Dr Wahidin, Jalan Cokro Aminoto, Jalan Sultan Agung, hingga kembali ke lokasi sekolah.

Selain melewati rumah masa kecil Wapres Budiono, kegiatan yang direncanakan diikuti oleh lebih dari 500 orang itu juga melewati rumah masa kecil Ibu Herawati Boediono di Jalan Sultan Agung, Kota Blitar.

Kemenakan Boediono, Bambang Hari Subeno, yang ditugasi menjaga rumah masa kecil Wapres Boediono mengatakan bahwa rumah itu selalu dijaga dengan rapi. Walaupun tidak ditempati, rumah itu selalu dirawat, agar tidak rusak.

"Rumah itu selalu dijaga dengan rapi. Kami sudah mendapat amanat untuk menjaganya," katanya.

Walaupun Wapres Boediono datang ke Blitar, Bambang mengatakan, tidak ada jadwal mampir secara khusus ke rumah masa kecilnya, dan hanya lewat saja mengikuti acara jalan pagi.

Wapres Boediono dijadwalkan akan menghadiri acara reuni akbar di SMAN I Blitar. Ia menggunakan jalur udara turun di Bandara Abdurrahman Saleh Malang dan menggunakan jalur darat ke Blitar.

Di Blitar, Wapres Boediono bersama Ibu Herawati akan melakukan ziarah di makam orangtua, di TPU Swangsang, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar sekitar pukul 16.00 WIB.

Pada malam harinya, Wapres akan menghadiri acara reuni di SMAN I Blitar dan pada keesokan harinya mengikuti jalan pagi yang juga dimulai di SMAN I Blitar. Setelah itu, rombongan Wapres kembali ke Jakarta.
(T.ANT-073/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010