Sukabumi (ANTARA News) - Petugas Dinas Kesehatan Sukabumi dan Puskesmas Palabuhanratu memberikan pengobatan gratis pada ratusan warga yang diduga terserang penyakit chikunguya di lima kampung di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

"Kami sudah memberikan obat secara gratis kepada mereka yang mengeluh terserang penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini," kata Kabid Penanggulangan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2MPL) Dinkes Kabupaten Sukabumi Dadang Sucipta kepada ANTARA, Minggu.

Informasi yang dihimpun ANTARA, sudah beberapa pekan ini warga di lima kampung yakni Kampung Gumelar, Pangsor Jembatan Dua, Tipar, Campaka Putih dan Jamban terkena chikunguya sehingga petugas memberikan obat untuk mempekuat daya tahan tubuh mereka yang terkena penyakit itu.

Menurut dia, banyaknya warga yang diduga terserang chikunguya di karena masuknya musim hujan yang merupakan musim berkembangbiaknya nyamuk pembawa penyakit ini.

"Dari hasil pantauan kami ada beberapa titik di lima kampung tersebut yang merupakan sarang nyamuk," ujarnya.

Selain memberikan obat kepada mereka yang terserang chikunguya, pihaknya juga kerap melakukan pengasapan di lima kampung itu untuk membunuh nyamuk dewasa.(*)

ANT/B013

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010